Kapolres Maluku Tengah, AKBP Rositah Umasugy mengatakan, program Mangente Kamtibmas (Mengemas) yang dilakukan pihaknya bukan saja merambah masyarakat umum di setiap masjid tetapi juga narapidana penghuni Rumah Tahanan Negara (Rutan) .

Untuk menjaga situasi dan kondisi keamanan, serta meningkatkan peribadatan selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah, melalui program 'Mengemas'  intensif  dilakukan oleh Polres Maluku Tengah dan jajaran dengan masuk ke Rutan Klas II B Masohi," kata Kapolres yang dihubungi dari Ambon, Minggu.

Menurut dia, kegiatan Mengemas telah dilaksanakan pada Jumat pertama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah di Masjid Darussalam, kompleks Rutan Klas II B Masohi dan diikuti seluruh warga binaan, khususnya yang beragama Muslim.

Kegiatan Mengemas dipimpin Kasat Binmas Polres Maluku Tengah dan sejumlah personil.

Pesan-pesan kamtibmas selain disampaikan oleh Kasat Binmas juga PS. Kanit Binpolmas Sat Binmas Polres Maluku Tengah, Bripka Irawan Karepesina yang bertindak sebagai khotib.

Dalam khutbahnya, Bripka Irawan menyampaikan sejumlah pesan Kamtibmas terutama berkaitan dengan keutamaan Bulan Suci Ramadhan bagi setiap manusia.

Bripka Irawan mengajak seluruh penghuni Rutan untuk lebih meningkatkan iman dan taqwa selama Bulan Suci Ramadhan, sesuai dengan judul khotbah yakni Ramadhan sebagai bulan refleksi diri.

Dia mengingatkan umat untuk menjadikan Ramadhan sebagai bulan untuk mengevaluasi diri, sebab tidak semua manusia itu terlahir dengan sempurna khususnya bagi para penghuni Rutan.

Warga binaan ini juga diingatkan untuk selalu meningkatkan ibadah agar pada waktunya bisa meraih kemenangan yang hakiki sebagaimana  dijanjikan oleh Allah  SWT, baik yang telah diatur dalam Al Quran maupun Al Hadits.

 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021