Sebanyak 25 putra asal Provinsi Maluku Utara (Malut) dinyatakan lulus mengikuti pendidikan Calon Bintara (Caba) dan Calon Tamtama (Cata) Gelombang I tahun 2021.

Danlanal Ternate, Kolonel Laut (P) Komaruddin di Ternate, Rabu, mengatakan sebanyak 25 pemuda tersebut terdiri dari sembilan orang mengikuti pendidikan Caba dan 16 orang masuk ke Cata yang selanjutnya akan dididik di Satdik-3 Sorong, Papua Barat.

Menurut dia, mereka setelah melalui sidang pantukhir di Mako Koarmada III Sorong yang dipimpin oleh Pangkoarmada III Laksda TNI Dadi Hartanto dan dihadiri CTMP ke 25 calon prajurit TNI AL tersebut dapat bersuka cita merayakan keberhasilan perjuangannya yang cukup panjang dalam melaksanakan seleksi mulai dari seleksi tingkat daerah di Lanal Ternate sampai Seleksi tingkat pusat di Sorong.

"Para Casis mengikuti seleksi yang ketat di Panda Lanal Ternate mulai bulan Februari 2021 dengan rangkaian materi Seleksi terdiri dari Seleksi Administrasi, Kesehatan-1, Kesehatan-2, Kesegaran Jasmani, Psikologi 1 dan 2, Mental ideologi, akademik dan Pantukhir," ujar Danlanal

Ia menjelaskan setelah diumumkan kelulusan, Para calon prajurit tersebut diberikan kesempatan untuk menelepon keluarga untuk memberikan kabar gembira dan mohon restu untuk melaksanakan pendidikan kepada orang tua.

Sehingga, kata dia, tak lupa sebelum berangkat ke Lemdik yang beralamat di Katapop, Distrik Salawati Sorong tersebut, mereka melaksanakan foto bersama dengan Komandan Lanal Ternate dan Bintara pendamping dari Lanal Ternate.

Ia menyatakan pada kesempatan tersebut, mengucapkan rasa bangganya kepada calon siswa asal Maluku Utara yang telah berjuang maksimal, sehingga Lulus melewati rangkaian seleksi.

"Alhamdulillah, dari 25 Casis yang kita kirim untuk mengikuti pantukhir, 100 persen lulus mengikuti pendidikan" ujarnya.

Ia berharap Lanal Ternate dapat mengirimkan lebih banyak lagi calon calon prajurit matra laut dari putra daerah Maluku Utara," kata Komandan Lanal baru menyandang pangkat Kolonel Laut yang pada 1 April 2021.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021