Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Jeffry A Rahawarin menyalurkan bantuan 20 unit mesin bajak mini dari Presiden Joko Widodo kepada gabungan kelompok tani (Gapoktan) dari berbagai wilayah di Maluku, Jumat.

Bantuan 20 unit alat pertanian tersebut diserahkan secara simbolis oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Jeffry A Rahawarin kepada perwakilan gapoktan dari Kota Ambon, Kota Tual, Dobo (Kabupaten Kepulauan Aru) dan beberapa wilayah Pulau Seram, di Lapangan Markas Kodam XVI/Pattimura Ambon.

Gapoktan dari Tual dan Dobo mendapatkan masing-masing lima unit mesin bajak mini, Kota Ambon lima unit dan untuk wilayah Pulau Seram sebanyak 10 unit.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Jeffry A Rahawarin dalam kesempatan itu mengatakan Presiden Joko Widodo memberikan bantuan tersebut guna mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, khsususnya petani dengan meningkatkan sarana mekanisasi pengolahan lahan pertanian.

Mesin-mesin bajak mini itu diberikan untuk mendukung pemberdayaan wilayah pertahanan melalui ketahanan pangan yakni dengan mendorong peningkatan produktivitas pertanian melalui program pendampingan petani oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa).

"Kami sangat berterima kasih terhadap perhatian Bapak Presiden untuk bantuan yang diberikan kepada petani. Bantuan dari Presiden ini dapat terealisasikan berkat kerja sama dengan tokoh masyarakat, Bapak Hengky Sirait sebagai penggagas," kata Pangdam.

Ia berharap bantuan alat pertanian dari Presiden ini mampu mewujudkan swasembada pangan di daerah terutama komoditas hortikultura seperti sayuran dan buah-buahan yang selama ini dipasok dari luar Maluku. 

"Diharapkan ini dapat memberikan stimulus peningkatan hasil pertanian dengan mempercepat pekerjaan olah tanah sehingga hasil pertanian dan ketersediaan pangan semakin meningkat," kata Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Jeffry A Rahawarin.
 

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021