Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) menggelar apel kesiapsiagaan SAR khusus menghadapi Lebaran 2021 diikuti seluruh personel dengan dihadiri antara lain para pejabat setempat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate Muhamad Arafah di Ternate, Jumat, mengatakan meskipun sudah larangan mudik oleh pemerintah, pihaknya tetap patroli Siaga SAR Khusus di beberapa tempat, seperti bandara, pelabuhan, dan objek wisata untuk menjamin keselamatan masyarakat dalam beraktivitas, dari kemungkinan terjadi musibah.

Selama pelaksanaan Siaga SAR Khusus, kata dia, personel tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19.

Ia mengharapkan kegiatan tersebut berjalan dengan lancar.

Apel kesiagaan yang berlangsung di lapangan upacara Basarnas Ternate diikuti 84 personel. Mereka diturunkan untuk melaksanakan Siaga SAR Khusus, baik di kantor Basarnas setempat, maupun Pos SAR Tobelo, Unit Siaga SAR Bacan, Unit Siaga SAR Morotai, dan Unit Siaga SAR Sanana.

Basarnas Ternate juga menyiapkan peralatan utama darat dan laut, serta peralatan pendukung lainnya dalam Siaga SAR Khusus tahun ini, di antaranya KN SAR Pandudewanata, RB 309 Ternate, Rigit Inflatable Boat (RIB), perahu karet, jet ski, rescue truck, truck personel, mobil D’max, serta peralatan medis.

Pada tahun kedua masa pandemi COVID-19 ini, Siaga SAR Khusus berlangsung selama 6-24 Mei 2021 dengan fokus pada beberapa titik Posko Siaga Lebaran di Kota Ternate, seperti Pelabuhan Penyeberangan Dufa-Dufa, Pelabuhan Armada Semut Mangga Dua, Pelabuhan Penyeberangan Bastiong, dan Pelabuhan Ferry Bastiong Ternate.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021