Menyongsong peringatan hari ulang tahun ke-22, para prajurit TNI Angkatan Darat dan pegawai negeri sipil (PNS) Kodam XVI/Pattimura menggelar aksi peduli lingkungan dengan membersihkan sejumlah lokasi di Kota Ambon, Jumat.

Mengusung tema "Lingkungan Bersih, Lingkungan Sehat, Katong Peduli Lingkungan", aksi peduli lingkungan Kodam XVI/Pattimura dipusatkan di sejumlah lokasi penting seperti Lapangan Merdeka, pantai Tapal Kuda, kawasan Patung Cristina Martha Tiahahu dan Taman Makam Pahlawan (TMP)  Kapaha.

Kegiatan kerja bakti bersih-bersih lingkungan tersebut tidak hanya difokuskan dengan menyapu dan mengumpulkan sampah yang berserakan. Namun, para prajurit Kodam XVI/Pattimura juga turun ke laut di pantai Tapal Kuda untuk mengumpulkan sampah plastik yang mengapung di air. 

Pgs Kapendam XVI/Pattimura,  Kolonel Arh Hasto Respatyo mengatakan tidak sekedar untuk menyambut peringatan HUT Kodam Pattimura yang ke-22 pada 15 Mei 2021 , kerja bakti bersih lingkungan digelar untuk mengajak masyarakat agar senantiasa menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan.

Karena kebersihan merupakan kebutuhan. Dengan lingkungan yang bersih, tidak hanya membuat orang-orang menjadi sehat secara fisik, pikiran pun ikut menjadi sehat, terutama di masa pandemi COVID-19.

"Ini juga merupakan wujud bakti Kodam XVI/Pattimura untuk masyarakat guna meningkatkan rasa kepedulian terhadap kebersihan, karena kebersihan lingkungan akan menjadikan pribadi masyarakat yang sehat dan kuat," kata Hasto.

Kodam XVI/Pattimura merupakan komando pertahanan TNI Angkatan Darat dengan wilayah teritorial meliputi Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Kodam Pattimura memiliki dua  Komando Resor Militer (Korem), yakni Korem 151/Binaiya di Kota Ambon dan Korem 152/Babullah di Ternate, serta enam Komando Distrik Militer (Kodim) di Kepulauan Maluku.

Nama Pattimura disematkan untuk Kodam XVI/Pattimura yang bermarkas di Kota Ambon dilatarbelakangi pada sejarah perjuangan Pahlawan Nasional Thomas Matulessy yang bergelar Pattimura. Peringatan Hari Pattimura yang jatuh pada 15 Mei juga diperingati sebagai hari ulang tahun Kodam Kodam XVI/Pattimura.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021