Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Sultan Baabullah Ternate mengimbau warga terutama di sekitar bantaran kali untuk waspada karena hujan deras akan melanda sebagian besar wilayah di Maluku Utara (Malut).

Prakirawan Cuaca BMKG Kelas I Sultan Baabullah Ternate, Justia Prislly D.S di Ternate, Kamis, menyatakan, pihaknya telah mengeluarkan peringatan dini untuk daerah yang berpotensi hujan sedang - lebat disertai petir.

Menurutnya, sejumlah wilayah itu diantaranya Pulau Morotai, Weda, Payahe, Obi, Pulau Batang Dua, Maba, Buli, Wasile, Kao, Tobelo, Galela, Loloda akan terjadi pada pagi,siang hingga sore hari dengan suhu udara 26 C – 32 C, kelembaban udara : 65 – 90 persen, angin : Timur - Barat ; 5 – 30 KM/jam.

Selain itu, pihaknya telah menerbitkan peringatan dini potensi hujan sedang - lebat di sertai petir di wilayah Ternate, Tidore, Sofifi, Kayoa dan Jailolo pada siang/sore hari. Begitu pun, mewaspadai potensi gelombang tinggi akibat cuaca buruk di seluruh wilayah perairan Malut.

Sementara itu, Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, melalui Unit siaga SAR Morotai mencatat, sedikitnya warga di enam kecamatan tersebar di Kabupaten Kepulauan Morotai tergenang banjir, menyusul tingginya curah hujan dalam dua hari terakhir.

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah mengakui, hujan dengan Intensitas deras terjadi sejak 17 Mei 2021, mengakibatkan meluapnya Sungai Bere-Bere mengakibatkan air sungai meluap hingga ke permukiman warga.

Di mana, dengan tergenangnya rumah penduduk serta fasilitas umum lainnya, dengan ketinggian air 60 hingga 90 CM, di Kecamatan Morotai Selatan, Morotai Selatan Barat, Morotai Timur, Morotai Utara, Morotai Jaya dan Pulau Rao.

Olehnya itu, personelnya sekitar pukul 04.45 Wit, melalui Unit Siaga SAR Morotai bersama unsur terkait menuju ke lokasi yang terdampak banjir untuk melakukan bantuan dan evakuasi terhadap warga.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021