Pengurus Provinsi (Pengprov) Taekwondo Indonesia Maluku menargetkan satu medali emas di Pesta Olahraga Nasional (PON) XX yang penyelenggaraannya dijadwalkan di Papua padaa 2 – 15 Oktober 2021.

"Kita menargetkan satu medali emas karena hanya satu atlet taekwondo asal Maluku yang lolos di event nasional  tersebut," kata Ketua Pengprov Taekwondo Indonesia Maluku,  Hengky Pelata di Ambon, Kamis.

Satu-satunya atlet taekwondo Maluku yang lolos ke PON XX di Papua pada 2021 adalah atas nama Stany Suarlembit.

Stany meraih tiket ke PON XX karena setelah berhasil lolos di Pra PON pada 220.

"Meski pun hanya mengirimkan satu atlet taekwondo. Namun,  kami optimis untuk meraih satu medali emas di Papua," ujar Hengky.

Atlet tersebut saat ini sementara mengikuti pemusatan latihan di Pelatnas Jakarta. Stany, dijadwalkan dalam waktu dekat mengikuti latihan di Korea Selatan.

Meski pun atlet takewondo asal Maluku yang berhasil mengikuti PON XX di Papua  hanya satu orang, namun perkembangan cabang olahraga beladiri ini di tengah pandemi COVID-19 dan terbatasnya sarana penunjang tidak menjadi penghalang.

" Sebanyak 22 atlet taekwondo asal Maluku pada 2020 berhasil masuk final Kejurnas Poomsae virtual bertajuk Ambassador Championship Cup 2020, di mana ada yang lolos mengikuti kejuaraan dunia," tandas Hengky.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021