Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara pada Senin menggelar pelayanan operasi celah bibir dan celah langit-langit dalam kegiatan Bakti Kesehatan Polri guna menyambut Hari Bhayangkara ke-75.

Pelayanan operasi gratis bagi warga dengan celah bibir dan celah langit-langit disediakan di Rumah Sakit Bhayangkara TK IV Ternate di Jalan Hasan Esa Nomor 1, Kelurahan Takoma, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate.

"Kita berbagi kesehatan kepada masyarakat agar putra putri yang akan melaksanakan operasi memiliki kepercayaan diri sekaligus dapat berkomunikasi dengan baik," kata Kapolda Malut, Irjen Pol Risyapudin Nursin.

Dia mengapresiasi panitia dan dokter yang terlibat dalam kegiatan Bakti Kesehatan Polri serta mengingatkan pentingnya disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Malut,  AKBP dr. Mintarya Suryanto MM menyampaikan, pelayanan operasi celah bibir dan celah langit-langit diselenggarakan bersama Yayasan Smile Train Indonesia dan perhimpunan dokter spesialis bedah plastik rekonstruksi dan estetik Indonesia.

Sedangkan, Kabid HNumas Polda Malut, Kombes Pol Adip Rojikan, mengemukakan sebanyak 36 warga yang memanfaatkan pelayanan operasi celah bibir dan celah langit-langit.

Perinciannya, tujuh orang dari Ternate, empat orang dari Tidore, delapan orang dari Halmahera Utara, sembilan orang dari Halmahera Selatan, enam orang dari Halmahera Timur, satu orang dari Halmahera Tengah, dan satu orang dari Kepulauan Sula.

Guna mencegah penularan virus corona dalam kegiatan pelayanan, Adip menjelaskan, pemeriksaan tes cepat antigen dilakukan untuk mendeteksi penularan COVID-19 dilakukan kepada warga yang hendak menjalani operasi beserta pendampingnya.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021