Hujan lebat yang mengguyur Pulau Ambon sejak Minggu, (20/6) hingga hari ini telah menyebabkan sebuah rumah di kawasan Kebun Cengkih, Kecamatan Sirimau,  Kota Ambon,  tertimpa longsoran tanah dan menyebabkan dua warga terluka.

"Longsoran tanah hingga merobohkan rumah warga milik Aris Solisa terjadi di Kebun Cengkeh RT 004 RW 009 Negeri Batu Merah, Kecamatan Sirimau," kata Kasubag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Iptu I. Leatemia di Ambon, Senin.

Dua korban yang mengalami luka-luka adalah Rifky F. Soilisa (25) yang merupakan seorang anggota Polri dan Akbar Ely (27).

Menurut dia, Rifky Soilisa yang merupakan anggota Satuan shabara Polres Seram Bagian Barat ini mengalami patah tulang pada lengan kiri, luka lecet di kaki kiri, luka robek pada bagian bawah bibir, serta luka robek pada bagian perut.

"Korban baru datang dari Seram Bagian Barat ke Kota Ambon untuk mengikuti kegiatan secara kedinasan di Sekolah Polisi Negara (SPN)  Passo,  Ambon berupa pelatihan SAR Polair," ujar Leatemia.

Sedangkan, Akbar Elly yang merupakan seorang karyawan swasta ini mengalami luka robek pada bagian atas kaki sebelah kiri dan keduanya sudah ditangani secara medis setelah dievakuasi ke RS Bayangkara.

Aris Soilisa (54), selaku pemilik rumah menjelaskan kalau anaknya Rifky baru tiba di rumah pada Sabtu, (19/6) untuk mengikuti pelatihan di SPN Passo dan keesokan harinya dia meminta izin keluar menemui temannya di Asrama Polisi Tantui sekitar pukul 19:00 WIT untuk menanyakan perlengkapan pakaian yang digunakan saat pelatihan.

Kemudian korban datang ke rumah dalam kondisi hujan yang deras lalu disuruh istirahat oleh ayahnya sehingga dia langsung masuk kamar sekitar pukul 11:00 WIT.

Pada pukul 11:30 WIT, ayah korban mendengar ada suara gemuruh longsoran tanah di dekat rumahnya. Ayah korban langsung keluar melihat rumah tersebut sudah roboh dan langsung minta tolong kepada warga setempat.

Pukul 00.31 Wit para korban dievakusi oleh warga setempat dan dibantu pihak kepolisian untuk dirawat ke RS. Bhayangkara Tantui.
Longsoran tanah di kawasan Kebun Cengkeh, Desa Batumerah, Kecamatan Sirimau (Kota Ambon) pada Senin, (21/6) dinihari menyebabkan seorang anggota polisi dan satu warga terluka. (21/6) (daniel leonard)

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021