PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) beroperasi di Gosowong, Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut) intensif mengatasi penyebaran COVID-19 trhadap karyawannya pada Juni 2021 di lingkungan perusahaan.

"Tentunya, manajemen telah meminimalisir angka penyebaran COVID-19 di lingkungan PT NHM pada 2020 hingga Juni 2021," kata Manajer Komunikasi PT NHM, Ramdani Sirait kepada wartawan, Senin.

Dia mengatakan, pada Minggu (27/6) seluruh jajaran dan elemen di PT. NHM bekerja secara maraton guna memastikan karyawannya yang terkonfimasi positif Covid-19 ditangani dengan baik hingga sembuh. 

Tindakan yang dilakukan diantaranya dengan komunikasikan situasi yang terjadi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Halut, di mana tambang emas Gosowong berada dan memohon izin untuk melakukan karantina seluruh karyawan yang positif COVID-19 di hotel-hotel yang ada di Halut.  Komunikasi yang sama juga dilakukan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate untuk izin penyewaan hotel-hotel di sana untuk program karantina ini. Hal ini agar tidak terjadi penyebaran ke khalayak umum.

"Ada banyak hotel yang disewa PT NHM untuk program karantina. Hal tersebut memerlukan biaya yang sangat besar, termasuk untuk penanganan medis dan kenyamanan karyawan yang dikarantina. Tetapi hal tersebut merupakan komitmen seluruh jajaran Direksi PTNHM dan manajemen di tambang Gosowong untuk penanganan yang komprehensif untuk kesehatan karyawan dan mencegah virus ini menyebar ke masyarakat umum," kata Ramdani

Dia menyatakan, karyawan positif dievakuasi dengan pengawalan yang dibantu TNI dan Polri menerapkan protokol kesehatan serba ketat. 

Sebab, sebelumnya perusahaan  sudah membentuk tim medis di Tobelo, Kuabang dan Ternate serta fasilitas Laboratorium PCR di Tobelo, Gosowong dan Mobile PCR pada 2020..

"Prosedur penanganan dan evaluasi karyawan positif COVID - 19 dilakukan dengan baik, termasuk menciptakan rasa nyaman bagi karyawan yang dievakuasi agar tetap tenang dan berpikir positif," ujar .Ramdani.

Dia mengakui, PT NHM akan melaporkan secara berkala kepada Pemerintah mengenai penanganan secara menyeluruh terkait COVID -19.

" PT. NHM berharap wabah ini segera teratasi dan tambang emas Gosowong dapat berproduksi maksimal agar berkontribusi kepada karyawan dan keluarga, masyarakat lingkar tambang, maupun masyarakat lainnya di Kabupaten Halut serta Provinsi Malut," tandas Ramdani.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021