Sebanyak 281 siswa bintara lukusan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Maluku Utara (Malut)  resmi dilantik menyandang pangkat Brigadir Dua (Bripda) usai menjalani  pendidikan selama tujuh bulan.

"Dengan berakhirnya program ini, maka Polri telah berhasil menambah personel golongan pangkat bintara sebanyak 11.198 Orang, terdiri atas 10.638 polisi pria  dan 560 polisi wanita ," kata Irwasda Polda Malut, Kombes Pol Dicky Kusmawardana saat menyampaikan sambutan Kapolri, Selasa.

Upacara Penutupan dan Pelantikan Bintara Polri tahun 2020/2021, yang bertempat di SPN Polda Malut dihadiri  pejabat utama Polda Malut, Kapolres jajaran dan   pengurus Bhayangkari.

Irwasda Polda Malut dalam pelantikan ini secara simbolis memasangkan pangkat kepadatga perwakilan peserta terbaik serta memberikan penghargaan, diantaranya  Try Ainulcahyadi Yusran mendapat penghargaan Cendikia, Taufiq Hidayat penghargaan mental kepribadian dan M. Fajri Sukardi penghargaan Trengginas.

Sementara, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam amanatnya yang dibacakan Irwasda Polda Malut menyampaikan pelantikan ini merupakan momentum penting dalam menandai berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan pendidikan pembentukan Bintara Polri yang diselenggarakan tujuh bulan di Sepolwan Lemdiklat Polri dan 31 SPN Polda.

Sehingga, dengan adanya pelantikan ini bukan merupakan akhir dari perjuangan, tetapi awal dari pengabdian nyata sebagai insan Bhayangkara.Jadi, bulatkan tekad dan semangat serta motivasi diri tanpa henti untuk senantiasa memberikan dharma bakti terbaik kepada institusi Polri, masyarakat, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)  yang kita banggakan

"Pahami dan laksanakan tugas dengan sungguh sungguh serta dan penuh keikhlasan dengan selalu mengimplementasikan setiap pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang telah diperoleh selama mengikuti pendidikan," katanya.

Kapolri juga menyampaikan penekanan kepada bintara Polri yang baru dilantik agar menjalin persaudaraan dengan rekan-rekan TNI, pemerintah daerah, serta seluruh komponen bangsa lainnya guna memelihara stabilitas keamanan

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021