Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon, memprediksi hujan dengan intensitas sedang disertai angin kencang berpotensi terjadi di enam wilayah Provinsi Maluku.

"Hujan dengan intensitas sedang yang berdurasi lama disertai angin kencang berpotensi terjadi di enam wilayah di orovinsi Maluku yakni Kabupaten Buru Selatan, Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur (SBT), Maluku Tengah, Kota Ambon dan Kepulauan Aru, " kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon, Kamari di Ambon, Senin.

Dikatakannya dari hasil analisis angin timur tenggara masih mendominasi wilayah Maluku.

Gelombang tropis juga terpantau aktif di wilayah Maluku, pada lapisan 850 hPa kelembaban udara cukup tinggi berkisar antara 70 -100 persen.

Selain itu kondisi suhu permukaan laut cenderung menghangat, khususnya di Laut Seram, Laut Banda, perairan Kepulauan Kei dan Aru (1,5 - 3,5derajat C), yang mendukung tersedianya suplai uap air dari Samudera Pasifik Timur ke Samudera Pasifik Barat.

Kondisi tersebut berpengaruh signifikan terhadap aktivasi potensi pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia bagian timur.

Masyarakat juga diimbau tetap waspada potensi cuaca buruk (hujan lebat-sangat lebat yang dapat disertai kilat/petir, angin kencang) saat hujan.

Cuaca buruk berdampak pada penurunan jarak pandang secara tiba-tiba serta dampak bencana hidrometeorologi yang dapat terjadi seperti banjir, tanah longsor dan pohon tumbang, demikian Kamari.


Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021