Duta Besar (Dubes) RI untuk Kuba, Nana Yuliana menyatakan siap memfasilitasi kerja sama di bidang musik antara kota Ambon dan Havana, Kuba.

"Kami siap memfasilitasi kerja sama antara Ambon dan Havana, mengingat kota Ambon dan Havana sama-sama ditetapkan sebagai kota musik dunia versi Unesco pada 2019," katanya saat konferensi musik internasional yang digelar virtual, Selasa.

Havana berinisiatif untuk mendekatkan diri menjalin kerja sama dengan Ambon, sejak ditetapkan sebagai kota musik dunia.

"Saya berharap mudah-mudahan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy sebelum menyelesaikan tugasnya diakhir jabatan, jangan lupa untuk datang ke Havana, dan tentunya dengan program ke depan kami siap memfasilitasi kerja sama,"ujarnya.

Musik katanya, memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat juga pemerintah daerah. Bagi masyarakat Kuba musik menjadi bagian diplomasi ekonomi.

"Tahap awal kita melalui musik selanjutnya bisa mengembangkan berbagai hal, dan kedepannya saya kira kuliner, destinasi wisata, budaya, tarian dan kehidupan sosial di Ambon bisa dikembangkan," ujar Nana.

Musik juga bisa menjadi aset informasi dan pihaknya berupaya mempromosikan Ambon agar dapat dikenal di seluruh dunia melalui perwakilan kedutaan.

Selain itu musik juga menjadi perekat bagi kehidupan sosial masyarakat di Ambon ,karena musik adalah bahasa universal.

"Melalui musik kita bisa menyampaikan pesan damai apalagi di saat pandemi COVID-19 , juga krisis global ekonomi. Saya berharap melalui musisi di Ambon bisa menyampaikan pesan perdamaian yang dapat menyatukan secara global dan membangkitkan masyarakat untuk tetap hidup dan dinamis, " tandas Nana..

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021