Ribuan siswa tingkat SD dan SMP bersama para guru di Ambon belajar matematika dengan metode Gampang, Asyik, dan Menyenangkan (GASING) oleh pakar matematika dan fisikawan Prof. Yohanes Surya.

Kegiatan belajar matematika dengan metode GASING dilaksanakan secara virtual, sebagai rangkaian kegiatan menyongsong HUT Ke-446 Kota Ambon, kata Wali Kota Richard Louhenapessy, di Ambon, Rabu.

Ia menyatakan, tujuan dilaksanakan beta (saya) GASING adalah untuk peningkatan kualitas pendidikan di kota Ambon, yang saat ini masih berlangsung secara daring dari rumah karena pandemi COVID-19.

"Pembelajaran secara daring menjadi hambatan sekaligus tantangan bagi Pemkot Ambon dalam upaya meningkatkan dan menjaga kualitas serta mutu pendidikan, sebagaimana saat pembelajaran tatap muka dilaksanakan, " katanya.

Dikatakan Richard , matematika kerap dianggap mata pelajaran yang menakutkan bagi siswa, sehingga sulit dipahami baik dalam pembelajaran tatap muka, apalagi secara daring.

"Dalam pembelajaran secara daring, kebanyakan tugas siswa dikerjakan oleh orang tua, karena siswa tidak mampu mengerjakan sendiri," ujarnya

Pemkot Ambon, sejak 2012 telah bekerja sama dengan Prof. Yohanes Surya dan Surya Institute, dalam gerakan Ambon Pandai Matematika.

Program ini dilaksanakan dengan mengirimkan guru untuk belajar metode GASING. Kerja sama itu terus berlanjut dengan program Genius, yakni mengirim siswa terpilih yang belajar langsung di Surya Isntitute, serta pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi untuk dididik sebagai guru masa depan.

"Semua ini dilakukan untuk menghasilkan generasi muda Ambon yang cerdas dan brilian serta tangguh nantinya dalam menghadap[ tantangan perubahan zaman," tandas Richard.

Sementara itu, Prof. Yohanes Surya dalam pengalamannya bekerja sama dengan Pemkot Ambon, meyakini anak- anak Ambon memiliki kecerdasan dan mampu bersaing dengan anak – anak dari kota besar lain.

Karena itu, dengan metode pembelajaran yang baik anak -anak Ambon akan bertumbuh menjadi anak yang tangguh di masa depan.

"Saya percaya ketangguhan anak – anak Ambon, salah satunya berawal dari pendidikan yang berkualitas," katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021