Wakil Gubernur (Wagub) Maluku Utara (Malut) Al Yasin Ali akan menghadiri acara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, yang akan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu (2/10).

Karo Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Maluku Utara, Rahwan K Suamba saat dihubungi, Jumat, mengatakan Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba tidak bisa hadir dan akan diwakili oleh Wakil Gubernur, Al Yasin Ali.

"Yang menghadiri pembukaan PON XX di Papua, Wagub Al Yasin Ali didampingi Kadispora Ansar Daaly," katanya.

Sementara itu, Kabid Olahraga Dispora Malut, Irfan Kabau juga membenarkan bahwa Wagub Al Yasin Ali yang menghadiri pembukaan PON di Papua, didampingi Kadispora.

"Pak Wagub dan Kadispora sudah berada di Jayapura dan akan menghadiri pembukaan PON besok," katanya.

Pada perhelatan PON XX Papua ini, kontingen Maluku Utara akan berlaga pada 12 cabang olahraga, yakni sepak bola, bulu tangkis, futsal, atletik, tinju, pencat silat, muaythai, dayung, balap motor, sepatu roda dan taekwondo.

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 akan berlangsung pada 2 hingga 15 Oktober 2021. Stadion Lukas Enembe menjadi lokasi utama penyelenggaraan PON XX Papua 2021.

Sebelumnya, Ketua KONI Malut, Djafar Umat berharap agar atlet-atlet yang akan mewakili Malut pada PON XX di Provinsi Papua untuk tetap menunjukkan sportifitas dan dedikasinya untuk meraih prestasi bagi Malut.

Bahkan, saat ini anggaran yang diusulkan KONI sekitar Rp7 miliar hingga Rp8 miliar untuk 12 cabang olahraga, dimana dari cabang yang akan diikuti dari Malut, yaitu, sepak bola, bulu tangkis, futsal, atletik, tinju, pencak silat, muaythai, dayung, sepatu roda, balap motor, taekwondo dan biliar.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021