Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Maluku Utara (Malut) mengintensifkan serbuan vaksinasi massal COVID-19 di lingkungan pelajar dari usia 12 tahun ke atas di SMA Negeri di Kota Ternate.

Kabinda Malut, Brigjen TNI (Mar) Imam Sopingi kepada ANTARA, Rabu, mengatakan, vaksinasi merupakan upaya pemerintah untuk mempercepat terciptanya kelompok kekebalan sehingga perlu diketahui bahwa capaian vaksinasi di Indonesia per 11 Oktober 2021 dosis 1 mencapai 48,13 persen dan dosis 2 sebesar  27,63 persen.

Dia menjelaskan, untuk di Malut per 11 Oktober 2021 masih jauh dari capaian nasional yaitu dosis 1 baru 27,05 persen dan dosis 2 baru mencapai 12,07 persen,  di antaranya sasaran vaksinasi yang menjadi fokus pemerintah adalah  bagi para pelajar. 

"Target sasaran vaksinasi pelajar di Malut sebanyak sebanyak 145.842 orang. Namun,  capaian vaksinasi pelajar masih jauh dari target yaitu dosis 1 baru 19.513 orang (13,4 persen) dan dosis 2 mencapai 2.973 orang (2.0 persen)," ujar Imam. 

Dia mengemukakan, sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo bahwa akan mengupayakan pelaksanaan program vaksinasi bagi para pelajar secara masif di seluruh penjuru tanah air dengan tujuan pembelajaran secara tatap muka dapat terus dilakukan. 

"Program ini diutamakan untuk daerah-daerah dengan angka penularan kasus COVID-19 yang tinggi dan capaian vaksinasi masih rendah," katanya.

Sementara itu, Menteri Pendidikan Nasional telah menekankan akan terus mendorong capaian vaksinasi bagi pelajar dengan hanya memberlakukan proses belajar mengajar secara tatap muka bagi sekolah yang telah melampaui target vaksinasi yang telah ditentukan.Sedangkan sekolah yang belum mencapai target vaksinasi akan diberlakukan proses belajar mengajar secara daring.

BIN yang hari ini menyelenggarakan vaksinasi ini merupakan bentuk perhatian pada program vaksinasi Covid-19, terutama bagi pelajar usia 12-17 tahun yaitu pelajar SMP-SMA yang merupakan generasi penerus dan menjadi tulang punggung kemajuan bangsa dan negara Indonesia pascapandemi Covid-19.

Sehingga kata dia,  tentunya ini sangat penting dalam pencapaian herd immunity Nasional. Kita semua yakin akan mampu mewujudkan itu semua. Dengan berdoa agar upaya atau ikhtiar yang kita lakukan ini dapat ridho oleh Allah SWT agar Indonesia bisa dengan cepat lepas dari wabah pandemi Covid-19.

Harapan besar bahwa dengan kegiatan vaksinasi seperti yang dilaksanakan di SMA Negeri 10 Kota Ternate ini,akan memotivasipara siswa dari sekolah lain, untuk lebih masif lagi dalam pelaksanaan vaksinasi sehingga target capaian vaksinasi pelajar di Malut berhasil optima.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021