Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara  mengklaim telah menyerahkan sebanyak 25 aset/bangunan ke Pemkot Ternate berlangsung sejak tahun 2016.

Ketua Pansus, ASN dan Aset DPRD Kabupaten Halbar, Juliche D Baura di Ternate, Jumat, menyampaikan, berdasarlan rapat dengan Komisi I DPRD kota Ternate akan melakukan pengecekan asset tanah yang berada di kota Ternate.

Di mana, ada dua aset yang berada di kota Ternate yaitu kelurahan Maliaro yang berada di Ternate Tengah dan Kelurahan Sasa Ternate Selatan.

Menurut dia,  tahun 2016 memang memberikan beberapa aset yang berupa bangunan kepada Pemkot Kota Ternate melalui pemberian langsung melalui oleh Bupati Halbar kepada Wali Kota Ternate yang dijabat Burhan Abdurahman dan kini tinggal disinkornkan saja.

Lebih jauh, ada beberapa aset lagi yang kita akan dicek untuk bangunan di tahun 2016 sudah diserahkan kepada pemkot Ternate kurang lebih 25 item bangunan.

"Kami telah sampaikan ke Komisi I DPRD kota Ternate yang membidangi hukum dan pemerintahan itu baru sifatnya melakukan kordinasi bersama, karena masih melakukan pembentukan Pansus, maka mau tidak mau kita melakukan kroscek langsung di lapangan seberapa banyak aset bangunan dan lahan yang berada di kota Ternate," ujarnya.

Sehingga, dengan melakukan kroscek, DPRD Halbar juga akan melakukan tindaklanjut bersama Komisi I DPRD kota Ternate dan mereka akan menkaji dan kami sama-sama agendakan untuk bentuk kesepakatan.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD kota Ternate Muchtar Bian menyampaikan, tentunya tugas Pansus ini tentunya mereka harus menulusuri terkait dengan aset-aset yang ada di kotaTernate yang belum mereka serahkan kepada Pemkot Ternate.

"Lokasi aset-aset milik pemkab Halbar yang ada di kawasan Maliaro seluas lebih 2 hektar yang suda bersertifikat atas nama Pemkab Halbar dan satu lagi berada di kawasan Sasa memiliki 2 sertifikat dengan luas lahan 1,5 hektar dan 1,6 hektar dan dari dua lokasi tersebut seluas 3 hektar," ujarnya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021