PLN Unit Induk Wilayah Maluku Maluku Utara (UIW MMU) menargetkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk mobil listrik akan beroperasi  di Kota Ambon pada akhir November 2021.

"Saat ini sedang dalam proses, semoga jika tidak ada halangan yang berarti pada akhir November 2021, sudah bisa dimanfaatkan para pengguna mobil listrik di Kota Ambon," kata General Manager PLN UIW MMU, Adams Yogasara, Jumat.

Ia menyatakan, di Ambon sudah ada dealer atau penyedia mobil listrik, waktu dekat akan dilakukan "upgrade" SPKLU.

"Kami akan melakukan upgrade SPKLU yang ada di Jalan Sultan Hairun dengan menyediakan charging port untuk mobil listrik, ini menjadi kesempatan yang baik bagi badan usaha yang ingin bersama-sama membangun ekosistem kendaraan listrik di Ambon", katanya.

PLN, katanya terus berupaya menyajikan kemudahan bagi pengguna kendaraan listrik maupun pelaku usaha dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik.

Komitmen tersebut ditandai dengan hadirnya website khusus untuk layanan kemitraan penyediaan SPKLU dan promo layanan "home charging".

Sebelumnya, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril menjelaskan, melalui website ini para badan usaha yang hendak turut serta dalam membangun SPKLU bisa mendaftar melalui kanal tersebut.

Untuk bisa menjadi partner dari pengembangan SPKLU ini sangat mudah. Para badan usaha yang tertarik hanya tinggal mengakses https://layanan.pln.co.id/partnership-spklu .

Setelah para pengusaha mengakses maka langsung ada kolom menjadi mitra. Ikuti langkahnya dan kemudian PLN akan segera menindaklanjuti.

"Kami ingin membuat ekosistem kendaraan listrik ini tumbuh. Kami terbuka untuk bekerja sama dengan pengusaha yang tertarik," ujar Bob.

Pada kesempatan ini pula PLN meluncurkan promo layanan "home charging services" bagi konsumen kendaraan listrik, layanan ini PLN memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam pemasangan "home charger" di rumah.

Kemudian diintegrasikan dengan fitur Charge.IN pada aplikasi PLN Mobile serta memberikan layanan tambah daya sehingga kapasitas daya listrik di rumah mencukupi untuk pengoperasian home charger secara maksimal.

Tidak berhenti di situ, PLN juga memberikan diskon tarif sebesar 30 persen pada pengisian daya kendaraan pada pukul 22.00 hingga 05.00 WIB.

 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021