Sejumlah 64 peserta lulus dalam pemeriksaan kesehatan tahap I penyelenggaraan penyaringan proaktif dalam penerimaan Bintara Polri tahun 2022 Panda Polda Maluku Utara (Malut).

Kabid Humas Polda Malut, Kombes Pol Adip Rojikan di Ternate, Rabu, mengatakan, penerimaan proaktif Bintara Polri ini dilaksanakan melalui tiga jalur yakni pemanduan bakat, tindakan afirmatif dan penghargaan.

Penyaringan proaktif Bintara Polri tahun anggaran 2022 Panda Polda Malut dilaksanakan pada  10 November hingga 17 Desember 2021”. Jelasnya.

"Penyartingan tersebut dilaksanakan berdasarkan Keputusan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Nomor: Kep/1696/XI/2021 tanggal 8 November 2021 tentang penyelenggaraan rekrutmen proaktif dalam penerimaan Bintara Polri tahun anggaran 2022," ujarnya. 

Dia menjelaskan, untuk kategori pemanduan bakat merupakan kebijakan yang diberikan secara khusus kepada kelompok atau golongan tertentu secara proporsional bagi putra-putri dari berbagai daerah meliputi wilayah suku pedalaman terpencil hingga pulau-pulau kecil terluar atau perbatasan Indonesia.

Sedangkan tindakan afirmatif adalah kategori pencarian bakat dan potensi khusus yang dibutuhkan oleh Polri dari prestasi akademi.

Katagori penghargaan diberikan Polri kepada anak-anak anggota polisi  yang gugur dalam tugas dan memiliki penghargaan yang dipersyaratkan serta kepada anak-anak masyarakat yang gugur atau berperan aktif dalam menjaga situasi Kamtibmas dengan ketentuan yang ada.

64 peserta tersebut yang dinyatakan lulus/memenuhi syarat dalam pemeriksaan kesehatan tahap I penyelenggaraan penyaringan proaktif dalam penerimaan Bintara Polri tahun anggaran 2022 Panda Polda Malut terdiri dari 49 orang pria dan 15 perempuan.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021