Wakil Wali Kota (Wawali) Ambon, Syarif Hadler menyatakan, Pelaksana harian (Plh) penting untuk mengisi kekosongan jabatan sementara waktu sebelum penetapan Sekretaris Kota (Sekkot)  defenitif.

Setelah 10 tahun 9 bulan menjabat sebagai Sekkot Ambon dan masuk purna bakti, A.G Latuheru secara resmi menyerahkan jabatan kepada Plh Sekkot, Rulien Purmiassa, Jumat.

"Saya mengucapkan selamat kepada Rulien Purmiassa, yang hari ini telah menerima secara resmi tugas dari Sekkot yang lama, Bapak A.G Latuheru," ujar Syarof. 

 Sekkot.  katanya, memiliki tugas yang sangat strategis, yaitu membantu kepala daerah dalam hal ini Wali Kota dan Wawali dalam penyusunan kebijakan, pengkoordinasian tugas kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), hingga pelayanan adminstratif.

Tugas – tugas ini dikerjakan sampai dengan penetapan, pengangkatan dan pengambilan sumpah jabatan Sekkot Ambon defenitif. 

Ia menjelaskan, meski bertugas dalam waktu singkat, diharapkan Plh dapat melaksanakan tugas sebaik – baiknya dengan penuh rasa tanggungjawab sesuai dengan Tupoksi, dengan mengesampingkan kepentingan pribadi.

Wawali Syarief Hadler juga meminta Plh Sekkot untuk tetap menjaga komunikasi dan hubungan baik dengan mantan Sekkot, demi penyelesaian tugas kedepan serta untuk kepentingan masyarakat.

"Plh Selkot jangan sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan Sekkot yang lama. Jika nantinya ada hal yang perlu ditanyakan atau mungkin ada yang belum sempat diselesaikan," ujarnya.

Wawali juga meminta para pimpinan OPD, untuk saling bahu-membahu, satukan langkah untuk maju bersama dalam mendukung tugas dan tanggung jawab yang diemban Plh sembari menunggu pengangkatan Sekkot defentif.

Penghargaan dan terima kasih yang tulus diberikan kepada A.G Latuheru, atas pengabdian bagi pemerintah dan masyarakat Kota Ambon.

Sosok A.G Latuheru yang menapaki karier birokrasi dari level bawah hingga duduk di berbagai jabatan struktural, sebagai pimpinan OPD hingga menempati jabatan Sekkot dan masuk purna bakti dengan pangkat/golongan IV/E.

"Beliau orang baik, bukan saja sebagai pemimpin, namun juga dapat berperan sebagai orang tua maupun teman disaat – saat tertentu," tandasnya.

Rulien Purmiasa menjabat Asisten Administrasi Umum (Asisten III) ditunjuk oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy sebagai Plh.Sekot dengan Surat Perintah nomor 800/4559/SEKOT Tahun 2021 tertanggal 30 November 2021.h

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021