Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Ternate, Maluku Utara (Malut) mencatat, jumlah penindakan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat di Kota Ternate pada periode Januari-Desember 2021 sebanyak 5.342 unit.

Kasat Lantas Polres Ternate Iptu Rachman Ashari di Ternate, Rabu, mengatakan, tilang dari 1 Januari hingga Desember 2021 itu terdiri dari barang bukti yang disita yaitu Surat Ijin Mengemudi (SIM) sebanyak 1.564, STNK 2.129, dan kendaraan 1.649.

"Untuk pelanggaaran helem sebanyak 2.211 kelengkapan 1.025 surat-surat 756, arus 952 lain-lain 398," kata Rachman.

Rachman menambahkan, untuk masyarakat Kota Ternate tetap taati aturan berlalulintas karena kecelakaan itu bisa bertambah dengan bermulanya pelanggaran.

"Kebiasaan masyarakat Kota Ternate menganggap remeh penggunaan helem padahal pengunaan helem itu sangat penting sekali melindungi diri kita juga apabila terjadi kecelakaan bisa mengurangi vatalitas korban laka tersebut karena kepala juga terlindungi,"akunya.

Baca juga: Polisi serahkan remaja pecandu lem aibon ke BNNP Malut agar dibina

Menurutnya, masyarakat menggunakan kendaraan dengan standar atau sebagaimana bentuknya dan tidak mengganti atau mengganti kenalpot yang sering terjadi di Ternate yaitu pengunaan knalpot tidak standar berdampak dimana-mana karena suara bising itu sangat menggangu ketenangan masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah.

"Dengan adanya kenalpot recing ini sangat menggangu ketertiban, jadi kami himbau kepada masyarakat yang masih belum menggunakan kendaraan bermotor tidak sesuai dengan standar agar di kembalikan sebagaimana mestinya," kata Rachman.

Sebelumnya, selama pelaksanaan Operasi Zebra sudah ada 451 pengendara yang melakukan pelanggaran dan terkena e-Tilang.

Kegiatan operasi zebra telah di lakukan oleh satlantas polres ternate sejak jalanya hari pertama hingga di hari ke 9 telah ditindak pelanggaran yang dominan pada kasat mata helm.
 
Pelaksanaan operasi ini, salah satu penegakkan hukum dan meningkatkan kesadaran serta kepatihan masyarakat agar tertib berlalu lintas di jalan dalam pelaksanaan operasi zebra tersebut yang menjadi prioritas sasaran operasi diantaranya pengemudi menggunakan HP pengemudi melawan arus. 

Baca juga: Polres Ternate kerahkan 251 personel amankan natal dan tahun baru, tingkatkan kesadaran warga

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021