Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) bersama jajaran instansi terkait telah ditempatkan pada berbagai gereja dan titik keramaian guna menjaga suasana kamtibmas pada momentum perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Kabid Humas Polda Malut, Adip Rojikan di Ternate, Sabtu, mengatakan, untuk Polda Malut personel yang terlibat 569 personil, terdiri dari 99 Personil Polda, 470 Personil Polres jajaran, sementara jumlah Pos Polda Malut dan Polres Jajaran yaitu 87 Pos terdiri dari 53 Pos pengamanan, 31 Pos pelayanan dan 3 Pos terpadu.

Dia  menjelaskan, untuk tempat pengetatan dan pengawasan yaitu gereja, terminal, Pelabuhan, Bandara, tempat perbelanjaan, pasar tradisional dan tempat wisata serta 0bjek/tempat pergantian saat tahun baru, dengan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat.

"Saya mengajak, mari bersama-sama menjaga, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat serta mengimbau kepada masyarakat dilarang menjual, menyediakan, mengkonsumsi minuman beralkohol (miras) dan narkoba yang dapat mengganggu kamtibmas," kata Adip.

Dia mengemukakan,  suasana Natal di wilayah Malut pada 25 Desember 2021 ini dilaporkan relative aman dan seluruh tempat ibadah ditempatkan personel TNI/Polri dibantu Satpol PP baik itu di sekitar gereja maupun pintu masuk gereja.

Sebelumnya, Polda Malut bersama instansi terkait melaksanakan apel gelar pasukan operasi lilin Kieraha tahun 2021, dalam rangka pengamanan natal dan tahun baru 2022 di halaman Mapolda Malut.

Kapolda Malut, Irjen Pol Risyapudin Nursin mengatakan perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 ini sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul, dan merayakan pergantian tahun.

Oleh karena itu, Polri dengan dukungan dari TNI, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan operasi Lilin-2021 yang dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 23 s.d 2 januari 2022 fokus pengamanan adalah 54.999 obyek di seluruh Indonesia baik gereja, tempat wisata. pusat perbelanjaan, obyek perayaan tahun baru, terminal pelabuhan, stasiun kereta, dan bandara.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021