Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Provinsi Maluku,  menargetkan program vaksinasi untuk 31.384 anak usia 6-11 tahun di daerah itu.

"Hari ini kita mulai vaksinasi anak usia 6-11 tahun, yang dilaksanakan serentak selama tiga hari, 11-13 Januari 2022, di 64 lokasi vaksinasi," kata Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, saat meninjau vaksinasi anak di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan vaksinasi anak 6-11 tahun dilaksanakan di Ambon sebagai satu-satunya kota di Provinsi Maluku yang diizinkan melaksanakan vaksinasi anak.

Menurut dia, indikator diizinkannya daerah melaksanakan vaksinasi anak ada dua, yakni vaksinasi secara umum mencapai lebih dari 70 persen dan capaian vaksinasi lansia mendekati 70 persen.

"Saat ini capaian vaksinasi tahap pertama mencapai 93 persen, sehingga Kota Ambon diizinkan untuk melaksanakan vaksinasi anak 6-11 tahun," katanya.

Pelaksanaan vaksinasi anak diawali dengan sosialisasi kepada seluruh orang tua anak usia 6-11 tahun, yang dilaksanakan oleh OPD di lingkup Pemkot Ambon.

Sosialisasi, katanya, melalui pendekatan tiap OPD pembina kelurahan, desa dan negeri, yang bertanggung jawab pada setiap sekolah di wilayah pendampingan.

"Setiap OPD langsung turun melakukan sosialisasi kepada seluruh orang tua, dan hari ini kami mulai melaksanakan vaksinasi secara bertahap di total 64 lokasi yang telah ditetapkan selama tiga hari," ujarnya.

Wali kota mengimbau masyarakat agar tidak mudah terjebak informasi di media sosial yang mengarah ke hoaks.

"Upaya tersebut sama sekali tidak mengurungkan niat bagi orang tua untuk membawa anak untuk disuntik vaksin," katanya.

Baca juga: Orang tua siswa di Ambon dukung vaksinasi anak, begini penjelasannya
Baca juga: Kasus aktif COVID-19 di Maluku Utara tersisa satu orang, jangan lengah

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022