Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon bersama Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Rohmad Nursahid berkomitmen memberantas peredaran narkotika dan obat-obat terlarang (narkoba) di provinsi Maluku.

"Saya bersama Kepala BNNP berkomitmen memberantas peredaran narkoba di Maluku," kata Pangdam saat menerima kunjungan silaturahim Kepala BNNP Maluku, di Ambon, Rabu.

Menurut dia, pihak Kodam Pattimura juga siap bekerja sama dalam upaya pemberantasan narkoba di seluruh wilayah kerjanya.

"TNI sangat jelas dan tegas dalam menghadapi masalah narkoba. "Narkoba di TNI no excuse. Karena merusak generasi bangsa," tegas Pangdam.

Mayjen Richard yang baru melaksanakan tugas sebagai Pangdam Pattimura sejak sepekan terakhir ini berharap kunjungan dan pertemuan Kepala BNNP maupun sejumlah pejabat di Maluku berdampak membangun sinergi dan solidaritas antara Kodam Pattimura bersama semua pihak dalam menjaga keutuhan dan keamanan wilayah serta kepentingan bangsa dan negara.

"Sinergitas, baik sesama instansi TNI maupun instansi lainnya ini sudah menjadi keharusan karena situasi apapun dapat diatasi jika semuanya bersinergi dalam menciptakan suasana aman dan kondusif," kata Pangdam.

Sedangkan Kepala BNNP Maluku Rohmad Nursahid menegaskan pihaknya siap bersinergi dengan Kodam Pattimura terkait pemberantasan narkoba di Maluku.

Rohmad menyatakan pihaknya selama 2021 berhasil mengungkap 16 kasus tindak pidana narkotika dengan 19 tersangka serta dampak kerugian yang ditimbulkan hampir mencapai Rp2,5 miliar.

Sepanjang 2021 pihaknya berhasil mengungkapkan 16 kasus tindak pidana narkotika dengan barang bukti berupa 699,49 gram sabu, 3.803,90 gram ganja dan 210,138 gram tembakau sintesis yang disita dari tangan 19 tersangka.

Pangdam pada 12 Januari 2022 juga menerima kunjungan dan silaturahim beberapa pejabat yakni Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud)  Ambon, Kolonel Pnb Andreas A Dhewo dan Kepala Bakamla (Badan Keamanan Laut) Zona Maritim Timur, Laksamana Madya Arif Sumartono.

Kedatangan para pejabat ke Makodam XVI/ Pattimura guna membahas beberapa hal, diantaranya untuk menjalin tali silaturahmi dan memperkuat sinergi antarinstansi, baik lintas matra seperti TNI Angkatan Udara maupun instansi selain militer.
 

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022