Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara (Malut) melakukan pengadaan tiga unit speedboat sebagai armada untuk memenuhi kebutuhan transportasi laut pedesaan guna membantu aktivitas masyarakat di daerah kepulauan itu.

Kadishub Pulau Taliabu, Abdul Kadir Nurali dihubungi dari Ternate, Kamis, mengatakan, pengadaan tiga unit speedboat yang akan diperuntukkan sebagai Bumdes itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2021.

Serah terima dari pihak rekanan  yang dibuktikan dengan penandatanganan berita acara bersama pihak rekanan yakni CV Sumber Berkat Utama Itu dilakukan melalui kuasa direktur Abu Bakar Kafau selaku pihak ketiga dan Abdul Kadir Nurali selaku Kadishub kabupaten Pulau Taliabu.

Selain itu, Dishub Kabupaten Pulau Taliabu pada tahun anggaran 2021 juga mendapatkan bantuan yang bersumber dari DAK sebesar Rp12,5 miliar.

 "Anggaran yang bersumber dari  DAK sebesar Rp12,5 miliar yang terdiri dari transportasi laut dan darat sebesar Rp5,5 miliar untuk pengadaan delapan unit mobil pick-up, dua buah longboat dan tiga buah speedboat. Sedangkan,  sisa dana sebesar Rp7 miliar dialokasikan untuk pembangunan dermaga Bapenu maupun  Nggele," ujar Abdul.

Dia mengemukakan, Dishub Kabupaten Pulau Taliabu pada tahun anggaran 2022 mendapatkan bantuan melalui DAK lebih besar dua kali lipat dari 2021 yang diperuntukkan untuk menyediakan dan meningkatkan sarana pelabuhan serta penyediaan transportasi di sejumlah kecamatan.

"Dishub Kabupaten Pulau Taliabu pada tahun anggaran 2022 menerima bantuan DAK sebesar Rp25,5 miliar  buat pembangunan dermaga kecamatan Lede, kecamatan Taliabu Utara di Gela, kecamatan Taliabu Timur di Parigi, rehabilitasi pelabuhan Ferry kramat Taliabu Bara, pengadaan speedboat dua unit serta  mobil pick up sebanyak 10 buah," kata Abdul.

Bantuan speedboat  masih menunggu Bupati Aliong Mus untuk menyerahkannya ke desa - desa. 
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022