Tim Gabungan bersama Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) mencari seorang bocah bernama Safil (5 tahun) dilaporkan terjatuh dari kapal di perairan Pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan(Halsel).

"Korban yang jatuh dari kapal itu bersama sang ibu menumpangi KM Sumber Raya 05 dalam pelayaran Jikotamo - Kawasi. Kejadian tersebut diterima oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate dari Anggota DPRD Halsel bernama Mochtar," kata Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah dihubungi di Ternate, Senin.

Dia menjelaskan, pada 23 Januari 2022, pukul 20.30 WIT,  KM Sumber Raya 05 berangkat dari pelabuhan Jikotamo menuju pelabuhan Kawasi. 

Pada saat kapal melintasi pulau Mala - Mala, ibu korban dan anaknya sedang berada di haluan kapal bersama seseorang. Pada saat ibu korban melihat sisi kanan kiri lambung kapal untuk melihat pemandangan, bersamaan dengan itu anaknya terjatuh masuk dalam lubang pembuangan tali dan terlihat terakhir kakinya. 

Saat itu juga ibu korban langsung berteriak kepada kapten maupun anak buah kapal (ABK) untuk menghentikan kapal. Pada saat korban terjatuh dari kapal arus sangat kencang dan anak itu pun sudah tidak terlihat lagi.

Sementara, Kepala Seksi Operasi Dan Siaga Basarnas Ternate Bram Madya menyampaikan, pada  24 Januari 2022 pukul 01.15 WIT, petugas siaga com center Basarnas Ternate berkoordinasi dengan Polairud Kawasi, Pulau Obi untuk meminta bantuan tindak awal dan pencarian.

Pada 24 Januari 2022 sekitar pukul 7.00 Wit, Tim Rescue Unit Siaga SAR Bacan bergerak menuju lokasi menggunakan speedboat masyarakat untuk melakukan operasi pencarian terhadap korban. 

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022