Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan pengusaha muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Maluku periode 2021 - 2024 akan meluncurkan program pasar digital dalam rangka mendukung dan turut memberdayakan Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah ini.

“Kami memiliki program yang diprioritaskan yaitu pasar online semacam pasar daring. Tujuannya adalah bagaimana memasarkan produk - produk UMKM kita di daerah untuk dapat dijangkau masyarakat bukan saja di Maluku tetapi di provinsi lain, termasuk di luar negeri,” kata Ketua DPD HIPMI Provinsi Maluku, Azis Tunny, di  Ambon, Selasa. 

Menurutnya, dengan pasar online, masyarakat dapat menjangkau pasar yang lebih luas, sekaligus mengalihkan pasar tradisional yang transaksinya dilakukan secara langsung. 

“Mengikuti perkembangan zaman khan orang sudah beralih. Sekarang memanfaatkan teknologi yang ada, orang sudah berbelanja secara online,” ujar Azis.

Dia mengaku, HIPMI juga mendorong pemerintah untuk menciptakan ekonomi yang lebih positif melalui program nasional seperti Lumbung ikan nasional (LIN), Ambon New Port, dan lain-lain. 

"Tentu memang banyak sekali opini di luar, misalnya realisasi LIN, yang mungkin sementara tertahan, terus Ambon New Port. Jadi BPD HIPMI provinsi Maluku akan selalu mendukung, sehingga program program strategis nasional tersebut direalisasikan pemerintah pusat," kata Azis.

Menurut dia, adanya pembangunan program nasional yang dilakukan oleh pemerintah di Maluku, maka pasti mendorong pertumbuhan ekonomi baru dan menciptakan lapangan kerja. 

"Realisasi program strategis nasional tersebut di Maluku pastinya meningkatkan pendapatan masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) buat daerah. Jadi ini menjadi komitmen BPD HIPMI Maluku dalam mendorong percepatan pembangunannya  dengan bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemprov Maluku dan 11 Pemkab/ Pemkot di daerah ini," tandas Azis.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022