Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon, meminta para Bintara Pembina Desa (Babinsa) dapat memainkan peran penting sebagai ujung tombak untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi warga di berbagai wilayah di Provinsi Maluku dan Maluku Utara (Malut).

"Para Babinsa dan anggota Kodim Tobelo harus senantiasa hadir sebagai ujung tombak ditengah-tengah masyarakat. Beri solusi saat terjadi masalah," kata Pangdam di Tobelo, kabupaten Halmahera Utara, provinsi Malut, Kamis.

Saat berdialog dengan personil Kodim 1508/Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Pangdam menegaskan keberadaan para Babinsa sangat strategis untuk melaksanakan program-program yang dicanangkan oleh Mabes TNI, Mabesad maupun Kodam membangun sinergi bersama masyarakat.

Pangdam Richard yang sedang melakukan kunjungan kerja di provinsi Maluku Utara sejak Senin (28/3), mengakui banyak banyak dapat masukan dari setiap satuan yang dikunjunginya, untuk dijadikan masukan sekaligus peningkatan kinerja semua unsur TNI dalam meningkatkan pengamanan teritorial.

Dia meminta prajurit satuan teritorial untuk harus selalu hadir dan merangkul masyarakat. "Beri solusi saat terjadi masalah dan bangun komunikasi serta peka terhadap perubahan situasi. Itu salah satu cara agar masyarakat percaya dan menghargai kita (TNI)," tegas Pangdam.
Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon menyerahkan bingkisan kepada personel Kodim 1508/Tobelo, di Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, Rabu (30/3). (HO/Pendam XVI/Pattimura)

Para babinsa juga diminta terus bekerja mendukung keberhasilan program vaksinasi melalui pendekatan serta sosialisasi kepada masyarakat agar mereka bersedia untuk divaksin.

Pangdam yang didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XVI/ Pattimura, Selly Richard Tampubolon serta sejumlah pejabat utama Kodam Pattimura, berkesempatan mengunjungi semua satuan TNI yang bertugas di provinsi Malut diantaranya Korem 152/Baabullah di Ternate, Kodim 1501/Ternate, Kodim 1512/ Weda, Kabupaten Halmahera Tengah, Kodim 1508/Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara.

Pangdam juga mengunjungi PT. Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) sebagai kawasan industri mineral terintegrasi untuk bertatap muka dengan Satgas Pam Obvit PT. IWIP, Pos Satgas Koramil Gemaf dan Pos Satgas Koramil Lelief. 

Ia juga berkesempatan menghadiri jamuan dan pertemuan dengan Gubernur Malut K.H. Abdul Ghani Kasuba serta Wali Kota Ternate Tauhid Soleman, juga mengunjungi panti lansia Himo-Himo di Kota Ternate dan berbagi kasih dengan para lansia.

Baca juga: Pangdam XVI bertemu Kapolda Maluku bahas peredaran senjata api ilegal, tegakkan hukum
Baca juga: Gubernur Lemhanas: Indonesia miliki kerawanan strategis karena letak geografisnya

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022