Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara, menyediakan 12 armada bus yang bisa digunakan warga setempat secara gratis untuk mobilitas sejak H-1 Lebaran hingga H+1 Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Kegiatan itu untuk memberikan layanan transportasi, memudahkan masyarakat Morotai untuk merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah," kata Bupati Pulau Morotai Benny Laos, dalam pernyataan pers yang diterima ANTARA di Ambon, Sabtu.

Ia menjelaskan, angkutan gratis itu dimulai 1 hingga 3 Mei 2022 dengan jam pelayanan jemput-antar antara delapan pagi hingga 9 malam. 

"Silakan manfaatkan layanan ini untuk keperluan silaturahim Lebaran, Shalat Id di Masjid Agung bagi yang memungkinkan dari segi jarak dan waktu tempuh," katanya.

Titik kumpul jemputan ditetapkan di kantor desa dan bagi kantor desa yang tidak dilalui bus, warga bisa menunggu di jalan raya agar mudah disinggahi. Perjalanan dari desa-desa ke Daruba berakhir di Terminal Morotai di CBD.

"Manfaatkan pula layanan angkutan gratis pada H+1 Lebaran bagi yang ingin bersilaturahmi ke sanak saudara di desa-desa yang akan dilalui bus tersebut," ujarnya.

Baca juga: Pelayaran PD Panca Karya Ambon siapkan tiga armada mudik gratis, kepedulian sosial

Benny menjelaskan Pemda menetapkan titik awal jemputan di desa-desa dengan pertimbangan untuk menyiasati keterbatasan armada.

Lokasi penjemputan untuk pergi-pulang (PP) antara lain Desa Wayabula - Daruba (PP), Tilei, Usbar, Ngele-ngele - Daruba (PP), Pilowo, Aha, Dehegila - Daruba (PP), Momojiu, Totodoku, Dalam Kota.

Kemudian di Daeo Sabatai - Daruba (PP), Sangowo, Sambiki - Daruba (PP), Wemo, Mira, Dokumira - Daruba (PP), Bere-bere - Daruba (PP), Lusuo, Gorua - Daruba (PP), dan Sopi - Daruba (PP).

"Informasi teknis mengenai jam antar-pulang dari terminal ke desa-desa akan disampaikan petugas di lapangan," katanya.

Bupati menambahkan, kontak yang bisa dihubungi warga untuk layanan transportasi Lebaran tersebut antara lain Kepala Dinas Perhubungan Morotai Ahdad (08239664879) dan Sekretaris Dishub Morotai Zulkifli (082187791789).

Baca juga: DKP Maluku bagikan 2,5 ton ikan gratis jelang Idul Fitri, berbagi kasih untuk warga

Pewarta: FB Anggoro

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022