Harga gula pasir jelang Lebaran di Kota Ambon, Provinsi Maluku, naik tipis dari Rp15 ribu menjadi Rp16 ribu per kilogram.

“Kami kasih naik Rp1.000 saja. Soalnya ini juga kan kami beli di distributor dengan harga yang sudah naik,” kata salah satu pedagang, Dahlia, di Pasar Mardika Ambon, Sabtu. 

 

Ia mengatakan, harga gula di distributor juga mengalami kenaikan harga dari Rp675 ribu per karung, sekarang menjadi Rp720 ribu per karung. 

“Ini jelang Idul Fitri baru naik harganya ini. Makanya kami pengecer juga kasih naik harga,” ujarnya. 

Sebelumnya, Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kota Ambon, Sirjohn Slarmanat mengatakan, stok beragam kebutuhan bahan pokok di daerah ini diantaranya minyak goreng, gula pasir, beras, terigu, dan telur ayam dipastikan aman untuk tiga bulan ke depan.

Ia mengungkapkan, untuk gula pasir stok terakhir sebanyak 829 ton, di mana dijadwalkan akan masuk lebih 73 ton. Stok gula pasir masih bisa bertahan hingga 139 hari atau dari estimasi perhitungan berarti tiga bulan ke depan masih aman.

Menurutnya, masyarakat Kota Ambon lebih minati gula KBA dibandingkan gula pasir ‘Gulaku. Stok Gulaku masih lebih banyak.

Baca juga: Harga ayam kampung naik 112 persen di Ambon jelang Lebaran
Baca juga: Harga minyak goreng masih mahal di Ambon setelah larangan ekspor CPO

Pewarta: Winda Herman

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022