Wakapolda Maluku Utara (Malut), Brigjen Pol Eko Para Setyo Siswanto memimpin gelar pasukan Operasi Bina Kusuma tahun 2022, yang dihadiri Pejabat Utama Polda Malut dan personil Polda Malut di lapangan apel Mapolda Malut, Rabu (15/6).

"Operasi Bina Kusuma Kieraha 2022 ini merupakan Operasi Kepolisian yang digelar oleh Direktorat Binmas Polda Malut dan jajaran, tujuan dilaksanakan Operasi Kepolisian di kewilayahan ini adalah, untuk menciptakan situasi kondisi Kambtibmas yang aman, tertib, damai, rukun dan harmonis  selain itu untuk mencegah dan menangkal segala bentuk tindak kriminal/ kejahatan yang diakibatkan oleh perilaku atau tindakan preman dan premanisme akibat dari gejolak sosial ekonomi masyarakat," kata Wakapolda Malut, Brigjen Pol Eko para Setyo Siswanto di Ternate. 

Gelar pasukan Operasi Bina Kusuma Kieraha tahun 2022 ini  adalah langkah awal dalam rangka melakukan pengecekan terhadap kesiapan sebelum melaksanakan Operasi,baik pada aspek personil, materiil, sarana prasarana serta perlengkapan pendukung lainnya dalam pelaksanaannya sehingga nantinya semua rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan memperoleh hasil yang maksimal.

Selain itu, Operasi Bina Kusuma Kieraha 2022 ini memiliki tugas untuk membangun dan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif guna mendukung pemulihan ekonomi nasional, serta menjamin kenyamanan masyarakat dalam melakukan aktivitasnya.

Baca juga: Polda Malut amankan kendaraan tanpa surat berkendara

Sehingga, dengan sasaran operasi  yaitu tempat - tempat atau lokasi yang dimungkinkan dapat dipergunakan untuk melakukan aksi preman dan premanisme seperti, terminal angkot, terminal pelabuhan penyeberangan, area perbelanjaan umum, parkiran umum serta lokasi lainnya.

Polda Malut melaksanakan operasi kepolisian dengan sandi  Bina Kusuma kieraha 2022 ini, dengan mengedepankan kegiatan preventif, dimana fungsi binmas mempunyai tugas pokok yang memiliki kegiatan pembinaan dan penyuluhan yang di backup oleh fungsi lainnya dengan melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan agar operasi ini dapat berhasil dan dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat Malut.

Olehnya itu, Wakapolda mengharapkan dilaksanakan Operasi Bina Kusuma Kieraha 2022 ini, dapat mencapai salah satu harapan yang diinginkan oleh masyarakat Malut.

Sebab hal yang sangat mudah untuk melihat keberhasilan sebuah operasi yaitu masyarakat dapat merasakan keamanan dan kenyamanan dalam melaksanakan aktifitas seiring dengan keberadaan anggota Polri di lapangan.

Baca juga: Polda Malut gelar bakti kesehatan operasi celah bibir
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022