BMKG dalam peringatan dini cuaca menyatakan peluang hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang, akan terjadi di sebagian besar wilayah provinsi dari Barat hingga Timur di Indonesia pada Senin.

Dikutip dari di laman resmi BMKG, cuaca kurang baik berpeluang terjadi di Maluku. 

Pada Indonesia bagian barat, hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang antara lain berpotensi mengguyur bagian wilayah Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali.

Bagian wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Papua, dan Papua Barat juga menghadapi potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang. 

Baca juga: Lima penerbangan tujuan Ambon dialihkan karena cuaca buruk, begini penjelasannya

Daerah-daerah yang menghadapi potensi hujan lebat disertai angin kencang perlu mewaspadai kemungkinan terjadi bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor serta menjalankan upaya-upaya mitigasi.

Selain menyampaikan peringatan dini hujan lebat, BMKG mengeluarkan peringatan dini berkenaan dengan potensi kejadian kebakaran hutan dan lahan di bagian wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Cuaca buruk pada Minggu pagi lalu mengakibatkan penerbangan terganggu di Bandara Ambon. Selain itu, sejumlah daerah di Ambon juga mulai banjir.

Baca juga: Harga cabai merah & tomat di Ambon melonjak naik akibat cuaca, begini penjelasannya

Pewarta: Zubi Mahrofi

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022