Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut) kembali menggelar pelatihan kebersihan lingkungan, sanitasi dan pengelolaan sampah di kawasan destinasi wisata bagi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sebagai upaya menjaga kebersihan di areal wisata.

"Morotai memiliki potensi dan keunggulan secara geoekonomi dan geostrategis sehingga ditetapkan menjadi salah 1 dari 10 destinasi pariwisata/strategis pemerintah yang ditetapkan dalam RPJMN 2020-2024 dan ditetapkan dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), sehingga pelatihan bagi Pokdarwis," kata Kadispar Kabupaten Pulau Morotai, Kalbi Rasyid dihubungi dari Ternate, Sabtu. 

Pelatihan kebersihan lingkungan, sanitasi dan pengelolaan sampah di wilayah wisata itu ikut 40 orang peserta, terdiri dari Pokdarwis dan pelaku usaha kuliner di Pulau Morotai.

"Tugas kita selaku pelaku pariwisata adalah fokus untuk menggali potensi pariwisata, guna mempercepat pembangunan ekonomi di Morotai sebagai pengungkit potensi wisata yang strategis dengan sektor ekonomi lainnya," ujarnya.

Sehingga, melalui pelatihan yang diselenggarakan oleh Dispar Morotai pada hari ini, diharapakan dengan adanya pelatihan ini dapat mempersiapkan SDM kita di lokasi wisata sehingga dapat memberikan pelayanan yang baik pada kegiatan kepariwisataan.

Baca juga: Pemkab Halmahera Barat kembangkan potensi wisata geopark di Tobaru, begini keunikannya

Kalbi Rasyid menyatakan, dunia pariwisata, konsentrasi Dispar bukan hanya pada infrastruktur, tetapi juga pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) sangat penting.

"Pelatihan ini bagian dari upaya Pemda Pulau Morotai dalam membantu masyarakat untuk lebih memberikan penguatan SDM pada aspek kompetensi dan kualitas," ujarnya.

Dia menambahkan, kualitas untuk memahami soal kebersihan dan soal sanitasi di wilayah-wilayah destinasi pariwisata, maka wilayah yang akan dibersihkan itu di semua tempat wisata. 

"Kita memberikan ruang bagi komunitas-komunitas yang ada di destinasi wisata untuk mengikuti pelatihan ini," katanya.

Baca juga: BPBD usulkan normalisasi sungai di Morotai, harapkan dana tak terduga

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022