Pengamat Intelijen pertahanan dan keamanan Ngasiman Djoyonegoro memuji strategi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam mempersiapkan desain sistem pertahanan dan keamanan daerah pulau terluar di Maluku Tenggara, Provinsi Maluku.

“Arahan Presiden Jokowi dalam kunjungannya ke Maluku Barat Daya dan kepulauan terluar di wilayah Maluku dalam kaitannya dengan rencana desain pertahanan adalah hal strategis dan diplomatis," katanya dihubungi di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan langkah Presiden Jokowi mendesain sistem pertahanan dan keamanan ini sangat strategis, mengingat wilayah seperti Kota Tual, Maluku Barat Daya, Kepulauan Aru hingga Saumlaki adalah wilayah terluar Indonesia yang berbatas langsung dengan negara Timur Leste dan Australia.

"Ini kaitannya dengan konsep Negara maritim yang telah menjadi strategi pemerintahan Jokowi periode kedua,” ujarnya.

Dia mengatakan wilayah seperti Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku Barat Daya, kemudian Kabupaten Kepulauan Aru, Kota Tual hingga Saumlaki adalah kepulauan terluar, sehingga perlu dilindungi dan membutuhkan strategi khusus dalam penanganan-nya.

“Kita tahu bahwa banyaknya kepulauan disana tidak bisa disamakan dengan pulau yang besar. Kerawanan yang tinggi membutuhkan strategi yang lebih rumit dan biaya yang tinggi juga,” ujarnya.

Baca juga: Pengamat nilai presiden Jokowi sosok sederhana dan berprestasi

Pewarta: Fauzi

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022