Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) III Marsekal Muda TNI Age Wiraksono menegaskan jajaran Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Pattimura harus meningkatkan kesiapsiagaan untuk melakukan operasi pengamanan wilayah jika sewaktu-waktu diperlukan.

"Tugas utama Lanud Pattimura adalah mempersiapkan personel dan pendukung untuk pelaksanaan operasi yang dapat terjadi sewaktu-waktu," kata Pangkoopsud Age Wiraksono saat melantik Kolonel Pnb Tiopan Hutapea sebagai Komandan Lanud Pattimura di Ambon, Kamis.

Dia mengingatkan pimpinan Lanud untuk ikut mencermati perkembangan lingkungan strategis termasuk perebutan kekuasaan di wilayah di laut China Selatan.

Baca juga: Lantamal Ambon - Lanud Pattimura vaksin warga Laha, perangi COVID -19

"Kita lihat dan cermati berbagai kondisi perebutan kepentingan yang menyilang dan melewati perbatasan nusantara. Di situlah letak pentingnya kita siap secara personel, alutsista maupun pendukung untuk dapat melaksanakan operasi setiap saat," tegasnya.

Dia mengingatkan semua pihak untuk mewaspadai upaya yang dilakukan pihak lain untuk melemahkan TNI dalam hal ini khususnya TNI AU. "Perang tidak akan begitu saja terjadi namun upaya-upaya untuk melemahkan akan terus dilaksanakan," katanya.

Karena itu dia mengingatkan meminta Komandan Lanud Pattimura yang baru untuk senantiasa menjaga kesiapan operasi dalam skala besar yang dapat dilakukan sewaktu-waktu.

Kolonel Pnb Tiopan Hutapea ditunjuk sebagai Danlanud Pattimura menggantikan Kolonel Pnb Andreas A Dhewo berdasarkan SK Kasau Nomor Kep/23-PKS/IX/2022 tanggal 2 September 2022 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Jabatan di Lingkungan TNI Angkatan Udara.

Tiopan Hutapea yang merupakan Alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1996 sebelumnya menjabat sebagai Paban I/Perencanaan Sops Mabesau.

Sedangkan Andreas Dhewo yang merupakan alumni AAU tahun 1997 mendapat penugasan baru sebagai Kasubdisopsud Dinas Pengembangan Operasi Angkatan Udara (Disbangopsau).



Baca juga: Gubernur Maluku minta Kasau tingkatkan status Lanud Pattimura Ambon, butuh Lanud Tipe A

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022