Balai Taman Nasional Manusela mendukung kegiatan festival budaya di Desa Saleman, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku agar menjadi agenda tahunan untuk meningkatkan wisatawan. 

“Kami pasti mendukung acara-acara festival budaya seperti ini, selain mengangkat budaya-budaya yang ada di Kepulauan Seram, Maluku, tentunya ini berdampak pada peningkatan wisatawan kita juga,” kata Kepala Balai TN Manusela, MHD. Zaidi dihubungi dari Ambon, Senin (31/10). 

Balai Taman Nasional Manusela adalah Unit Pelaksana Teknis di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di kawasan konservasi Taman Nasional Manusela yang memiliki luas 189.000 hektar. Taman nasional yang berada di Pulau Seram tersebut selain kaya akan flora dan fauna, juga terdapat permukiman penduduk, salah satunya Desa Saleman.

Menurut Zaidi, selain melestarikan wisata alam, pelestarian budaya juga penting demi menjaga keasrian budaya setempat sehingga tidak gampang terganggu dengan derasnya budaya asing yang masuk dengan berbagai cara. 

“Dengan begitu, turis asing yang datang ke daerah kita tidak hanya terpukau dengan keindahan alam yang kita punya, tetapi mereka juga melihat budaya apa saja yang ada di Maluku ini,” ujarnya. 

Baca juga: Balai TN Manusela minta pendaki Binaiya tidak lalui jalur utara, begini penjelasannya

Ia melanjutkan, untuk mempertahankan budaya dan wisata di Maluku, ini perlu tanggung jawab dan dukungan dari semua pihak.  “Dukungan dari semua pihak itu sangat penting untuk berperan aktif dalam menjaga eksistensi dan pengembangan budaya serta wisata yang kita punya. Bukan saja pemerintah, tetapi masyarakat juga perlu berpartisipasi dalam menjaganya,” kata Zaidi. 

Zaidi meminta, agar semua pihak dapat menjaga apa yang telah menjadi identitas Maluku, yakni budaya dan kawasan konservasi di daerah tersebut.  

“Saya harap, masyarakat atau siapa pun itu, tidak membuang sampah sembarangan, lalu menjaga kelestarian budayanya, agar apa yang menjadi harapan besar kita untuk wisata dan budaya kita dikenal lebih luas, benar adanya,” harapnya.

Festival budaya Negeri Saleman dilaksana pada akhir Oktober.  Peran BTN Manusela pada acara tersebut salah satunya adalah memberikan buku promosi dan informasi serta materi tentang pentingnya keberadaan kawasan konservasi itu kepada para peserta kemah konservasi.

Baca juga: Kuota pendakian Gunung Binaiya penuh jelang hari kemerdekaan RI, rayakan 17-an di puncak Gunung Binaiya

Pewarta: Winda Herman

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022