Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) akan menggunakan Plaza Gamalama pada tahun 2023 sebagai mal pelayanan publik untuk memberikan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Seluruh fasilitas Plaza Gamalama akan dibenahi, sehingga pada tahun 2023 bisa digunakan untuk mendongkrak PAD di daerah ini," kata Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman di Ternate, Jumat.

Menurut dia, Plaza Gamalama telah diresmikan penggunaan sejak tahun lalu merupakan salah satu pusat perbelanjaan modern yang akan digunakan untuk peningkatan ekonomi masyarakat Kota Ternate

Selain itu, untuk Pemkot Ternate juga berjanji untuk jadikan Plaza Gamalama sebagai mal pelayanan publik, terutama dalam penyediaan akses usaha perizinan maupun pusat ekonomi masyarakat.

"Kita akan jadikan mal pelayanan publik, sehingga orang datang bisa belanja. Kita kombinasi ruang publik dan pelayanan dan kami telah mengecek seluruh penyelesaian dari bangunan ini, dan beberapa hal yang harus diselesaikan baik pengelolaannya dan kemudian ada kombinasi lain termasuk kebijakan ke depan seperti apa," ujarnya.

Dia menyatakan, Pemkot Ternate memiliki keinginan untuk jadikan Plaza Gamalama ini sebagai mal pelayanan publik, karena mall ini akan dikombinasi antara mall untuk kepentingan ekonomi sekaligus bisa dengan pelayanan umum. 

"Tentunya tidak dalam satu tempat yang stay disitu, tapi menyebar di beberapa titik yang ada di lokasi. Misalnya orang datang untuk melakukan perizinan, jadi dia berfungsi sebagai front desk," ujarnya.

Wali Kota menambahkan, terkait proses pengelolaan, Pemkot Ternate membuat perda dan harus dilelang, kemudian tidak boleh main tunjuk untuk penggunaannya.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan dukung arahan Wapres untuk percepatan Mal Pelayanan Publik, kolaborasi adalah kunci

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022