Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Provinsi Maluku bertekad membawa atlet catur Maluku agar berjaya pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Percasi 2022 di Kota Pariaman, Sumatera Barat.

"Saya punya ambisi, saya punya obsesi dan tekad menjadikan Maluku hadir untuk juara. Jadi tidak sekadar hadir untuk meramaikan saja, tapi Maluku hadir untuk menang dalam kejuaraan tingkat nasional itu," kata Ketua Percasi Maluku Edwin Adrian Huwae di Ambon, Rabu. 

Edwin mengatakan Kejurnas catur 2022 pelaksanaannya diundur dari awalnya direncanakan pada Desember 2022 menjadi Februari 2023.

Baca juga: Dispora Maluku harapkan dari catur lahirkan atlet berbakat tingkat nasional

Dengan ditundanya Kejurnas itu, lanjut Edwin, maka akan ada waktu yang lebih baik dan cukup kepada para atlet untuk lebih menyiapkan diri dan mental secara baik.

“Sembari menunggu waktu pelaksanaan Kejurnas, Pengurus Provinsi Percasi Maluku akan mengumumkan nama-nama atlet untuk mengikuti Kejurnas supaya lebih membekali diri lagi sejak dini,” katanya. 

Ia berharap para atlet yang telah menunjukkan prestasi dalam Kejurprov Catur Maluku harus terus ditingkatkan kemampuannya. 

Menurut Edwin, dalam beberapa hari ke depan Ketua Dewan Pembina Percasi Maluku juga akan mengundang Pengurus Percasi dan para atlet yang namanya masuk dalam daftar Kejurnas untuk ikut dalam pertandingan eksibisi atau uji coba. 

"Di situ kita akan membuat sedikit pertandingan, untuk kita melakukan seleksi berikutnya. Nanti kita akan tambah sekitar 10 orang. 10 orang itu akan dilihat peringkatnya untuk dipertimbangkan ikut di Kejurnas," ujar Edwin.

Baca juga: Indonesia raih satu emas pada catur cepat AYCC 2022

Berikut nama-nama pemenang dalam Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Catur Maluku 2022. Untuk Kategori Senior Arin Ali dari Kabupaten Buru, Andri Pattirane dari Kabupaten Bursel, dan Billy Lokolo juga dari Bursel.

Juara Kategori junior adalah Muamar Azer Amri dari Kabupaten Buru, Ilo Wattimena dari Kota Ambon, dan Muh Rafiz dari Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Baca juga: Magnus Carlsen terang-terangan tuding Hans Niemann main curang

Pewarta: Winda Herman

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022