Salah satu perusahaan eksportir asal Maluku PT. Kamboti Rempah Maluku meraih penghargaan Anugerah Perkebunan Indonesia tahun 2022 karena dinilai sukses sebagai eksportir rempah-rempah ke sejumlah negara di kawasan Eropa.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Maluku Donny Lekatompessy di Ambon, Kamis, membenarkan PT. Kamboti meraih penghargaan Anugerah Perkebunan Indonesia tahun 2022 yang diserahkan langsung oleh Menteri Pertanian Sahrul Yasin Limpo, di Jakarta, Rabu (21/12).

Penghargaan itu diterima langsung oleh Direktur Utama PT. Kamboti Rempah Maluku, Carla June Pattinama saat Peringatan Hari Perkebunan tahun 2022.

Baca juga: Pemprov Malut imbau eksportir manfaatkan pelabuhan Ahmad Yani

"Ada 12 penerima penghargaan yang berasal dari kalangan pemerintah, peneliti, pengusaha dan UMKM, karena dianggap layak dan berkontribusi bagi pembangunan pertanian khususnya sub sektor perkebunan," ujarnya.

Dia mengakui, penghargaan itu berdampak selain menggairahkan kinerja perusahaan PT. Kamboti yang selama ini mengekspor komoditi rempah pala, juga akan memotivasi perusahaan pengekspor lainnya untuk bekerja keras mengembangkan usahanya.

Dirut PT. Kamboti Rempah Maluku Carla June Pattinama secara terpisah membenarkan perusahaan dipimpinnya menerima penghargaan dari Menteri Pertanian. Perusahaan tersebut terakhir melakukan ekspor langsung biji pala Banda dan fuli kering sebanyak delapan ton ke dengan negara tujuan Belanda pada Januari 2022.

"Pala yang diekspor ke Belanda berasal dari Pulau Banda. Tidak ada kendala untuk melakukan ekspor langsung dari Ambon, mengingat komoditas pala banda telah terkenal di kalangan pembeli di Eropa," katanya.

Dia mengakui, kendala utama yang dihadapi adalah banyaknya kompetitor yang berminat dengan komoditas pala banda, di samping kesiapan petani untuk secara konsisten menghasilkan pala dengan kualitas terbaik.


Baca juga: BNI dorong eksportir Indonesia jadi pemain di pasar global

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022