Dinas Pariwisata (Dispar) Maluku mengajak  kepada seluruh perhotelan, restoran, transportasi serta kawasan wisata agar menyiapkan pelayanan terbaik dalam menyambut Anugerah Pesona Indonesia (API) Award pada November 2023 mendatang di Maluku. 

 

“Karena akan ada banyak tamu dari provinsi, serta kabupaten lainnya yang ada di seluruh Indonesia, jadi kita yang nantinya akan jadi tuan rumah harus lebih siap dalam hal memberikan pelayanan, dari perhotelan, restoran, transportasi, dan kawasan wisata yang ada kabupaten/kota di Maluku,” kata Kepala Dinas Pariwisata Maluku, Affandy Hasanusi, di Ambon, Jumat. 

 

Gubernur Provinsi Maluku Murad Ismail sebelumnya telah mengatakan Maluku siap menjadi tuan rumah perhelatan akbar nasional Anugerah Pesona Indonesia (API) Award tahun 2023.

 

Hal ini disampaikan Gubernur Maluku dalam acara penyelenggaraan malam puncak penganugerahan API Award tahun 2022 di Gedung AAC Dayan Dawoof Universitas Syiah Kuala (USK) Provinsi Banda Aceh. 

 

Menurut Affandy, dalam API award 2023 di Maluku nanti, para tamu yang datang bukan hanya sekadar mengikuti acaranya, tetapi juga akan berwisata. 

 

“Karena mereka yang datang ini bukan hanya sekadar mengikuti acara ini, tetapi mereka juga ingin ke mana-mana, jalan-jalan. Apa lagi banyak keindahan pantai yang kita punya di Maluku,” ujar Affandy. 

 

Ia juga meminta para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) serta pelaku ekonomi kreatif lainnya untuk tidak berhenti dan terus mengembangkan potensi usahanya menjadi lebih menarik. 

 

“Makanya kami juga mengimbau kepada para pelaku UMKM, pelaku ekonomi kreatif, jangan berhenti. Terus membangun dan mengembangkan potensinya ya sekreatif mungkin. Jangan ikut-ikutan dengan yang lain. Buat punyamu sendiri supaya dikenal. Supaya didatangi banyak orang,“ pintanya. 

 

Affandy berharap, hal ini menjadi tanggung jawab seluruh pemangku kepentingan khususnya sektor Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran agar mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menjadi tuan rumah API Award tahun 2023 mendatang.

 

“Ini menjadi perhatian serius kita semua, kita harus sama-sama berbenah,” ucapnya. 

 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023