Para Calon Jamaah Haji asal Kota Ambon yang akan diberangkatkan pada tahun ini mulai melakukan sejumlah persiapan diantaranya melaksanakan manasik haji.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Ambon H.R Hassannusi  di Ambon, Jumat mengatakan, para calon jamaah haji (CJH) asal Kota Ambon sudah mulai melaksanakan kegiatan manasik haji sebagai persiapan  pelaksanaan ibadah haji 2023.

"Kegiatan manasik sebagai persiapan keberangkatan CJH itu memang dilakukan setiap tahun, dan untuk tahun ini Kankemenag Kota Ambon sudah mulai melaksanakan dengan membagi jadi dua kelompok dan dilaksanakan setiap Rabu dan Kamis berlangsung  di Kantor Kankemenag Kota Ambon," ujarnya.


Sedangkan untuk kegiatan manasik berupa praktik di lapangan juga sudah dilaksanakan yang bertempat di asrama haji Maluku di Desa Waiheru.

"Jadi pembelajaran manasiknya di Kankemenag, sedangkan teori praktiknya di asrama Waiheru, karena disana ada  miniatur kabah yang bisa dimanfaatkan," ujarnya.

Hassannusi mengatakan mengacu kepada data yang dikeluarkan Sistem komputerisasi haji terpadu (Sikohat) kuota  CJH  Kota Ambon sebanyak 361 orang atau  terjadi peningkatan jika dibanding  2022 yang hanya sebanyak 165 orang karena saat itu  masih berlangsung pandemi COVID-19.

"Karena itu kita bersyukur pandemi COVID-19 sudah mereda sehingga kuota CJH Kota Ambon kembali normal ," katanya.

Dia mengatakan, keberangkatan CJH 2023 untuk Kota Ambon juga diprioritaskan bagi calon jamaah yang tertunda pada 2022 yang tidak berangkat karena terkena aturan yang diterapkan pihak Arab Saudi terutama usia 65 tahun ke atas yang mencapai 200 orang.

Menurutnya, nama-nama CJH Kota Ambon untuk tahun ini juga sebenarnya belum diturunkan, berhubungan dengan ongkos naik haji juga belum ditentukan oleh pemerintah terutama besarannya, hanya saja kita ikuti sesuai dengan daftar tunggu dan juga jatah keberangkatan calon jamaah tahun lalu yang tertunda maka diumumkan untuk melaksanakan manasik.

Ia menilai manasik  penting bagi calon jamaah, karena itu  dilaksanakan dari sekarang ini, walaupun nama mereka belum keluar,  termasuk petugas pendamping CJH sudah disiapkan melalui seleksi.

Sedangkan jumlah daftar tunggu CJH Kota Ambon hingga 2023  bisa sampai 18 tahun ke depan, karena setiap hari ada  dua hingga tiga orang  yang datang mendaftar.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023