Bupati Maluku Tenggara M Thaher Hanubun mengagas program bapak angkat untuk pembinaan olahraga di daerah itu guna melahirkan atlet yang berbakat dan mampu berprestasi pada berbagai even.

"Harus diakui dalam pembinaan olahraga di daerah ini kita memiliki keterbatasan sumber daya keuangan, salah satu solusinya melalui program bapak angkat," kata dia di Maluku Tenggara, Senin.

Ia menyampaikan hal itu pada pembukaan Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) Ke-III KONI Malra 2023 di Aula Kantor Bupati.

Menurut dia hal utama yang selalu mengganjal  adalah keterbatasan kemampuan dan sumber daya terutama dukungan keuangan untuk membina atlet dan cabang olahraga.

"Padahal, selain pariwisata, pembangunan olahraga merupakan instrumen penting untuk memperkenalkan Malra di tingkat provinsi dan nasional," katanya.

Ia mengatakan daerah ini telah banyak melahirkan atlet yang telah mengharumkan nama Maluku dan bangsa  di ajang  olahraga Internasional.

Pada sisi lain ia melihat  pembinaan olahraga dengan hanya mengandalkan APBD, tidak akan mencapai hasil yang optimal, oleh karena itu dukungan dari pihak swasta dan BUMN/BUMD sangat diharapkan.

"Sebagai kepala daerah, saya sudah menggagas program Bapak Angkat semua cabang olahraga, namun kita juga masih terkendala persoalan- teknis lainnya," katanya

Oleh karena itu, diperlukan upaya, kerja keras dan adanya terobosan baru, sehingga kesinambungan pengembangan atlet ataupun bakat potensial Malra bisa terus dikembangkan ke depan, dan tentunya dukungan Pemerintah Provinsi Maluku  dibutuhkan.

Terkait pelaksanaan  Musorkab Ke-III ini, Thaher berharap agar berjalan dengan tertib, aman dan lancar sehingga terpilih kepengurusan dan kelembagaan KONI Malra yang baru y periode 2023-2027 seiring  telah berakhirnya kepengurusan periode 2019-2022.

Thaher juga mengingatkan, bahwa  2024 akan memasuki tahun politik.

"Saya berkeinginan, olahraga prestasi dikelola secara profesional dan tidak dimanfaatkan untuk kepentingan politik manapun, maka kepengurusan KONI Mallra ke depan, harus juga dikelola secara mandiri dan bebas intervensi serta tanpa mengharapkan dana Hibah atau bantuan Pemerintah Daerah," kata dia.

 

Pewarta: Siprianus Yayaan

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023