Bupati Maluku Tenggara, M Thaher Hanubun resmi melantik Titus Betaubun sebagai Camat guna menjalankan roda pemerintahan di Kecamatan Kei Besar, Selasa.

Betaubun sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Camat, kemudian ditunjuk menjadi pelaksana harian, pelaksana tugas dan akhirnya dipercayakan sebagai Camat Kei Besar yang merupakan Kecamatan tertua di Maluku Tenggara (Malra).

Bupati Thaher dalam amanatnya mengemukakan, "Kei Besar adalah kecamatan tertua pembentukan Kabupaten Malra, harusnya dipimpin oleh mereka yang berpengalaman.

Kini, sebut Thaher, Camat Kei Besar yang dilantik dan diambil sumpahnya hari ini adalah seorang anak muda yang memiliki kemampuan untuk memimpin wilayah yang terdiri dari 37 Desa (Ohoi).

Momen pelantikan ini juga merupakan suatu hal yang luar biasa, karena ini merupakan pertama kalinya melantik camat di Ibu Kota Kecamatan selama lima (5) tahun kepemimpinan saya di daerah ini, kata Thaher.

Ia mengingatkan, tugas camat saat ini adalah harus terus mendukung pembangunan, infrastruktur, sosial, ekonomi, kemasyarakatan dan pembangunan aspek-aspek lainnya di wilayah ini untuk kesejahteraan masyarakat.

"Menjadi cita-cita kita bersama, apa yang dirasakan masyarakat di Pulau Kei Kecil harus juga dirasakan oleh masyarakat di Pulau Kei Besar salah satunya Kecamatan ini, yakni pemenuhan infrastruktur dasar dan lainnya," ujar Thaher.

Kata Thaher  selain ini merupakan tanggung jawab utama camat, ini juga merupakan tanggung jawab moril semua elemen di wilayah ini baik pemerintah, adat, agama, hingga masyarakat, untuk kemajuan wilayah ini dari seluruh aspek pembangunan, termasuk juga keamanan dan ketertiban masyarakat yang selalu terjaga.

Oleh karena itu, sinergitas semua pihak ataupun elemen di wilayah ini harus terus terjaga dengan baik, sehingga apa yang kita cita-citakan bersama untuk memajukan wilayah ini dapat tercapai di kemudian hari, ujar Thaher.

Di kesempatan yang sama Thaher menegaskan bahwa, dalam konteks manajemen ASN, pelantikan dan pengambilan sumpah Camat Kei Besar hari ini adalah hal yang biasa, sehingga pemerintahan dapat berjalan dengan baik.

Pewarta: Siprianus Yayaan

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023