Harga komoditas bahan pokok bawang dan cabai mengalami kenaikan di Ambon menjelang memasuki Ramadhan 1444 Hijriah berdasarkan pantauan di pasar tradisional yang ada di daerah itu.

Berdasarkan  pantauan di  Pasar Mardika, Batu merah dan Pasar Lama, pada  Kamis harga bawang merah mencapai Rp40.000 per kilogram  atau naik dari sebelumnya Rp38.000 per kilogram.

Sedangkan  harga bawang putih mencapai  Rp35.000 per kilogram   dari sebelumnya Rp33.000 per kilogram.

Salah seorang pedagang di Pasar Mardika Ambon mengatakan, harga bawang  bergerak naik disebabkan harga di tingkat agen yang masih juga naik.

"Informasi yang kami terima dari agen  naiknya harga bawang sekarang ini juga terjadi di sentra produksi, apalagi bawang yang dijual pedagang di Kota Ambon semuanya di datangkan dari Jawa Timur," ujarnya.

Ia berharap  harga bahan pokok tidak terus merangkak naik menjelang hari besar keagamaan yaitu Ramadhan dan Idul Fitri.

Sedangkan cabai  merah  keriting panjang  juga mengalami kenaikan dari  Rp40.000 per kilogram menjadi  Rp45.000 per kilogram dan cabai merah biasa naik dari Rp38.000 per kilogram menjadi Rp40.000 per kilogram.

Pedagang lainnya Ani  mengakui kalau cabai merah biasanya mengalami fluktuasi harga, sebab selain di datangkan dari Surabaya juga ada produksi petani lokal baik di Ambon, Namlea maupun di Pulau Seram.

"Kalau stok sekarang ini masih cukup banyak, terutama pasokan dari petani lokal terutama dari Namlea dan Ambon," ujarnya.

Salah seorang pembeli Merry  mengatakan kendati harga cabai naik ia berharap bertahan dan tidak terus naik menjelang hari-hari besar keagamaan.



 

Pewarta: John Soplanit

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023