Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat dan BPJS Ketenagakerjaan melaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama tentang kepesertaan jaminan sosial Ketenagakerjaan bagi Non Aparatur Sipil Negara (Non ASN), Aparat Desa dan Pekerja Rentan di Wilayah Kabupaten Halmahera Barat.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan langsung oleh Bupati Halbar James Uang bersama Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ternate, Arief Sabara di Kantor Bupati, Senin (20/03).

Dalam sambutannya, James Uang mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan penandatanganan perjanjian kerjasama ini. Diungkapkannya bahwa ini merupakan wujud upaya pemerintah kabupaten Halmahera barat dalam mendukung pelaksanaan jaminan sosial Ketenagakerjaan bagi masyarakat Halmahera barat.

“Dan saya mendukung penandatanganan ini kita laksanakan sebagai bentuk komitmen untuk kemaslahatan masyarakat kabupaten Halmahera Barat,” kata bupati

Bupati mengimbau  jajarannya untuk mengkaji langkah-langkah yang diperlukan untuk melaksanakan dan mendukung implementasi kerjasama ini.

Perjanjian Kerjasama yang ditandatangani selanjutnya adalah upaya peningkatan syarat layanan perizinan baik bersifat offline maupun online melalui OSS RBA.

Kepala DPMPTSP Halmahera Barat Samsudin Senen mengatakan bahwa mulai saat ini semua proses pengajuan perizinan berusaha di kabupaten Halmahera Barat akan dipertegas salah satu persyaratan wajib memiliki BPJS ketenagakerjaan bagi pelaku usaha dan akan dilanjutkan juga kepada tenaga kerja yg bekerja di tempat usaha.

“Untuk lebih tegas pemahaman kepada pelaku usaha, akan ditindaklanjuti pada kegiatan sosialisasi bagi pelaku usaha di Kabupaten Halmahera Barat yang rencananya pada  April 2023,” ujar Kadis

Kadis juga mengimbau kepada pelaku usaha yang belum menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan agar segera mengurus pendaftarannya, mengingat  ini bermanfaat bagi usaha yang tingkat resiko sedang maupun tinggi bila terjadi  kecelakaan kerja.

Sementara itu, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ternate, Arief Sabara menyampaikan terima kasih atas dukungan dari pemerintah kabupaten Halmahera barat.

 Arief menjelaskan bahwa kerja sama yang telah ditandatangani bersama ini guna merealisasikan perlindungan bagi masyarakat pekerja di Kabupaten Halmahera Barat dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. 

“Terima kasih atas dukungan dari pemerintah kabupaten Halmahera Barat, kami harap sinergi antara BPJS Ketenagakerjaan dan Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat terus berjalan dengan baik sehingga meningkatkan cakupan kepesertaan dan kesejahteraan pekerja,” ungkap Arief.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023