Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Provinsi Maluku mendata daftar pemudik gratis sementara yang digelar PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Pattimura Ambon baru 680 orang.

“Pendaftar mudik gratis sampai saat ini sudah 680 orang,” kata Kepala BPTD Maluku, Handa Lesmana, di Ambon, Senin.

Ia mengatakan, layanan mudik gratis yang disediakan adalah Kapal Feri dengan rute Pelabuhan Hunimua Liang, Maluku Tengah (Malteng) ke Waipirit Seram Bagian Barat (SBB).

Menurutnya, BPTD Maluku tidak secara langsung mengikuti kelola mudik gratis ini, karena anggarannya berasal dari Kementerian BUMN.

“Tetapi karena pelaksanaannya pada penyeberangan maka kami membantu sosialisasi dan pelaksanaannya, seperti membantu pengaturan pemuatan penumpang yang telah mendaftar mudik gratis,” ujarnya.

Baca juga: BPTD Maluku siapkan delapan kapal untuk penyeberangan arus mudik Lebaran

Ia mengungkapkan, kuota yang disediakan untuk mudik gratis sebanyak 2000. Oleh karena itu, ia mengajak warga Maluku untuk segera memenuhi kuota yang tersedia agar tidak mubazir.

Mudik gratis ini, lanjut Lesmana, diperuntukan bagi pejalan kaki dan penumpang angkutan umum dengan syarat usia minimal 12 tahun ke atas dan membawa fotocopy KTP/KK.

“Jadi bisa lngsung ke Pelabuban Hunimua untuk mendaftar. Pelaksanaannya dimulai per Selasa (18/4/2023) besok hingga Jumat (21/4/2023),” ucapnya.

Baca juga: BPTD Maluku pantau pergerakan arus lalu lintas pada lima titik Kota Ambon

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023