Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Provinsi Maluku menyiapkan delapan kapal untuk penyeberangan arus mudik Lebaran pada pelayaran antarpulau dari Pelabuhan Galala Ambon - Namlea, dan Hunimua - Waipirit.

Untuk pelayaran antarpulau Pelabuhan Galala Ambon - Namlea Buru, sebanyak tiga armada kapal yang disiapkan, sementara Hunimua - Waipirit Seram Bagian Barat (SBB) sebanyak lima kapal termasuk satu cadangan.

“Untuk kapal Alhamdulillah di Hunimua - Waipirit kan kita sempat tahun lalu terjadi antrean karena hanya tiga kapal. Sekarang, sudah kita siapkan lima kapal, tapi lima kapal itu yang beroperasinya empat, yang satu adalah cadangan. Jadi siap dipakai. Jadi dengan empat kapal itu dan satu cadangan insya Allah tidak terjadi antrean,” kata Kepala BPTD Maluku, Handa Lesmana, di Ambon, Senin.

Baca juga: BPTD Maluku pantau pergerakan arus lalu lintas pada lima titik Kota Ambon

Ia memastikan, kalaupun terjadi penumpukan, sudah disiapkan ekstra trip, di mana jika melewati batas jam operasional pada pukul 06.00 WIT - 21.00 WIT, akan ada kapal yang disiapkan untuk tetap jalan.

Sementara untuk Galala - Namlea, Lesmana juga mengaku, ada perbedaan antara tahun ini dengan tahun 2022. Di mana, Galala - Namlea yang biasanya beroperasi hanya pada pukul 20.00 WIT, sekarang sudah ada jadwal siang pada pukul 11.00 WIT.

Lesmana menambahkan, berdasarkan pantauan, untuk pelayaran malam, kebanyakan mobil-mobil truk, atau penumpang dengan kendaraan. Sementara untuk jam operasional siang, kebanyakan penumpang yang tidak membawa kendaraan.

“Jadi masyarakat bisa memilih, mau yang siang atau yang malam. Dan insya Allah aman,” ucap Lesamana.

Baca juga: BPTD Ternate siapkan kapal feri angkutan Lebaran

Selain itu, Lesmana mengaku, di Maluku sendiri belum ada bus kota, begitupun dengan terminal khususnya. Oleh karena itu, BPTD belum dapat mendata terkait bus kota menjelang lebaran. “Mungkin bisa ditanya ke dinas perhubungan kota, atau provinsi,” katanya.

 

Diketahui, lima kapal pelayaran antarpulau Hunimua - Waipirit, di antarany, KMP Rokatenda, KMP Inelika, KMP Terubuk, KMP Tatihu dan KMP Sardinela.

 

Sementara kapal untuk pelayaran antarpulau Galala - Namlea, yakni KMP Temi, KMP Wayangan dan KMP Garda Maritim 5.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023