Ambon (Antara Maluku) - Perayaan HUT ke-436 kota Ambon yang jatuh pada 7 September akan dimeriahkan kegiatan pesta rakyat.

"HUT kota tahun ini diwarnai pesta kembang api dan hiburan rakyat pada Selasa (6/9), dipusatkan di kawasan Monumen Gong Perdamaian Dunia (GPD)," kata Wali kota Richard Louhenapessy di Ambon, Senin.

Menurutnya, kegiatan pesta rakyat merupakan puncak acara HUT kota Ambon, setelah pelaksanaan beberapa kegiatan sosial dan pertandingan olah raga.

"Pesta rakyat ini digelar untuk menghibur warga kota guna menjalin rasa kebersamaan dan kekeluargaan," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan ini melibatkan pendukung acara seperti tiga penyanyi dari Jakarta dan empat penyanyi lokal kota Ambon.

Sedangkan pesta kembang api yang merupakan kegiatan rutin akan berlangsung tepat pukul 00.00 WIT menadai pergantian hari dan HUT Kota Ambon.

"Warga kota menantikan pesta kembang api yang akan dinyalakan menadai pergantian waktu sekaligus puncak HUT ke-436 kota Ambon," ujar Richard.

Sejumlah kegiatan yang digelar Pemkot Ambon memeriahkan HUT ibu kota provinsi Maluku itu, di antaranya olahraga bola Volly dan poco-poco antarinstansi, lari 10 KM bagi pelajar dan umum, basket antarsiswa SMP dan SMA se-kota Ambon.

Selain itu juga digelar kegiatan pasar murah pada 5-6 September bagi warga kota, kunjungan ke panti asuhan dan pengobatan gratis.

Richard menambahkan, rangkaian kegiatan yang dilaksanakan merupakan wujud perhatian dan kepedulian Pemkot Ambon di bawah kepemimpinannya bersama MAS. Latuconsina yang baru dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota periode 2011-2016 pada 4 Agustus 2011.

"Saya sudah menginstruksikan mobil penerangan Pemkot Ambon untuk berkeliling menyampaikan memberikan informasi kepada warga kota, agar dapat berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan perayaan HUT," katanya.

Pewarta: Penina Maijaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2011