Ternate (Antara Maluku) - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut) menggelar pertemuan lintas Agama bersama pemerintah setempat.

Ketua FKUB Halsel Muhammad Abusama mengatakan di Ternate, Minggu, pihaknya telah melakukan komunikasi dengan Pemda bersama Muspida Halsel untuk melakukan pertemuan lintas agama.

Pertemuan yang melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat itu dalam rangka melakukan sosialisasi kepada masyarakat guna meminta agar masyarakat tidak terpancing dan terprovokasi soal kasus Ambon beberapa waktu lalu.

"Hasil pemantauan FKUB di Halsel, apa yang terjadi di Ambon ternyata tidak ada pengaruh di masyarakat Halsel," ujar Muhammad yang juga Wakil Ketua DPRD Halsel.

Selama ini, lanjut Muhammad, FKUB Halsel selalu melakukan koordinasi dan membangun komunikasi dengan berbagai pihak termasuk tokoh agama serta lintas agama yang ada di Halsel.

"Masyarakat Halsel diajak untuk tidak terpengaruh dengan adanya isu isu yang menyesatkan yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan di Halsel," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Halmahera Selatan Rusdan T Haruna juga mengakui akan melakukan pertemuan terkait pencegahan terjadinya konflik antarwarga seperti kota Ambon Maluku.

"Kami telah melakukan koordinasi dengan Komandan Kodim 1509 Babullah Bacan-Sula serta Kapolres bersama FKUB untuk melakukan pertemuan berbagai pihak mengantisipasi konflik antar warga," katanya.

Ditambahkan, pihaknya juga akan melakukan koordinasi lintas Agama seperti Forum Umat Beragama dan masyarakat untuk sama-sama mencegah adanya konflik antarwarga di Halsel.

Rusdan menilai, masyarakat Halsel senang diajak untuk sama-sama menjaga persatuan dan kesatuan serta adanya kebersamaan untuk menghindari timbulnya konflik di masyarakat Halsel.

"Maluku lain dengan Malut, dan saya sangat yakin masyarakat Halsel sudah dewasa dan tidak akan terpengaruh dengan apa yang telah terjadi di Kota Ambon," tandas Rusdan.

Sementara itu Komandan Kodim 1509 Babullah Halsel-Sula Letkol Inf Anggara Sitompul menegaskan, pihaknya saat ini terus melakukan pemantauan keamanan di sejumlah wilayah di Halsel.

"Kami terus melakukan pemantauan di Halsel dan saat ini situasi dan kondisi di Halsel aman dan kondusif serta tidak terpengaruhi dengan adanya konflik di kota Ambon," tandsas Dandim.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2011