Kepolisian Daerah Maluku Utara berharap kebijakan Mabes Polri memberlakukan kembali tilang manual di Indonesia  termasuk di provinsi  itu meningkatkan  kepatuhan masyarakat  dalam berlalu lintas.

"Diharapkan dengan kembali diberlakukan  tilang manual ini masyarakat selalu taat dalam mematuhi ketentuan berlalu lintas," kata Kasubdit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Malut Kompol Hendra Gunawan di Ternate, Kamis.

Menurut dia kebijakan dilakukan atas instruksi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo  untuk kembali menggelar tilang manual di seluruh Indonesia, termasuk Ditlantas Polda Malut untuk menekan angka kecelakaan.

Dia mengatakan ketika tilang manual ditiadakan dan diganti dengan penerapan tilang elektronik melalui pantauan kamera ETLE, kepatuhan masyarakat di Malut dalam berlalu lintas tidak seperti yang diharapkan.

Misalnya, kata dia, masih banyak yang terlihat masyarakat mengabaikan ketentuan berlalu lintas, terutama di jalur jalan yang tidak memiliki kamera ETLE.

"Kemudian masyarakat  saat keluar dari rumah tidak menggunakan helm serta kedapatan berboncengan tiga orang, khusus untuk kendaraan roda dua bahkan mereka melawan arus,"katanya.

Dia menjelaskan, sejak diberlakukan kembali tilang manual petugas dari Ditlantas Polda Malut dan jajaran dari Polres di sepuluh kabupaten dan kota di Malut telah menjaring 700 orang pelanggar.

"Rata - rata pelanggaran yang terjaring adalah tidak memakai helm, berboncengan tiga orang, melawan arus serta tidak memiliki plat motor,"ujarnya.

Ditlantas Polda Malut memastikan seluruh jajarannya dalam melaksanakan tugas penerapan tilang manual tetap profesional, oleh karena itu, masyarakat yang kedapatan melanggar aturan lalu lintas jangan mencoba menyuap petugas dengan maksud pelanggaran tidak mendapat sanksi tilang.

Masyarakat di Malut diminta untuk selalu taat dalam mematuhi ketentuan berlalu lintas baik saat menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua, sehingga untuk menjamin kelancaran dan keselamatan dalam perjalanan baik untuk dirinya serta orang lain.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023